Ilustrasi.
Ilustrasi.

Spanyol Makin Minati Tepung Kelapa Sulut

EKONOMI & BISNIS

MANADO, publikreport.com – Spanyol makin meminati tepung kelapa asal Provinsi Sulawesi Utara (Sulut). Hal ini dibuktikan dengan permintaan yang terus berdatangan.

“Sepanjang 2017, pengiriman tepung kelapa ke Spanyol sering dilakukan. Dan di awal 2018 juga ekspor kembali terjadi,” kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Dinperindag) Provinsi Sulut Jenny Karouw di Manado, Kamis 25 Januari 2018.

Awal 2018, menurut Jennny, telah dilakukan ekspor sebanyak 24 ton tepung kelapa ke Spanyol. Dari ekspor ini mampu menghasilkan devisa bagi negara sebesar 54.840 dolar Amerika Serikat (AS).

“Kualitas tepung kelapa Sulut sangat baik. Membuat produk ini sangat disukai masyarakat Spanyol,” ujarnya.

BACA JUGA: Petani Lolak Tolak Kelapa Sawit

Tepung kelapa merupakan komoditas ekspor yang paling banyak dibandingkan produk lainnya. Oleh karena itu, Jenny mengatakan, pemerintah berharap pengekspor dan petani dapat mempertahankan kualitas tepung kelapa di mata dunia international. Karena untuk mempertahankan pasar di luar negeri sangat sulit.

“Dan tentunya jangan sampai menyalahi aturan dan syarat yang diberikan,” jelasnya.

BACA JUGA: Pemerintah Diharapkan Perkuat Produksi Kelapa

Bagi para eksportir, Jenny mengaku akan terus memfasilitasi baik pengurusan berkas maupun pencarian pasar baru.

BACA JUGA: Harga Kelapa dan Pala di Sulut Membaik

Tepung kelapa merupakan produk turunan kelapa yang telah diproses sedemikian rupa sehingga menjadi bahan baku untuk membuat kue dan roti. | ANTARANEWS.com

Leave a Reply