Panorama bawah air yang menakjubkan di Uluna, Danau Tondano, Minahasa, Sulawesi Utara. (Foto: Wisuda/Mongabay Indonesia)
Panorama bawah air yang menakjubkan di Uluna, Danau Tondano, Minahasa, Sulawesi Utara. (Foto: Wisuda/Mongabay Indonesia)

Uluna, Surga yang Tersembunyi di Minahasa

Uluna mempunyai tempat di dataran tinggi, yaitu kurang lebih 670 meter di atas permukaan laut. Dan menyelam di ketinggian mempunyai aturan yang berbeda dibandingkan dengan menyelam di level air laut. Dan ini biasa disebut sebagai high altitude dive.

Ini akan berpengaruh ke lama dan berapa dalam seorang penyelam dapat menyelam, serta berapa lama waktu yang dibutuhkan seorang penyelam setelah menyelam di ketinggian untuk terbang dengan pesawat. Secara manual, bisa digunakan tabel untuk menghitungnya. Tetapi di jaman sekarang, tidak perlu repot-repot lagi untuk menghitung, karena penyelam sekarang biasanya sudah dilengkapi dengan divecom, yang langsung bisa menyesuaikan hitungannya, asalkan kita menyetelnya di mode altitude dive.

Dan hal ini janganlah dipandang remeh, karena akan bisa berakibat fatal, apabila tidak diikutii. Tubuh kita akan mengandung nitrogen yang lebih banyak jika kita melakukan altitude dive, dibandingkan dengan menyelam di level air laut di kedalaman yang sama. Dan ini bisa menyebabkan dekompression sikness.

BACA JUGA: A Visit From Denmark

Waktu pertama kali saya datang kesini, ikan-ikan di sini sangat banyak, dan jumlahnya mencapai ribuan, tetapi beberapa tahun kemudian saya kembali lagi di sini, walaupun masih banyak, tetapi jumlah ikan sudah mulai berkurang.

Perlu adanya pengaturan dan atitude penyelaman yang baik, agar lingkungan uluna tetap terjaga dengan baik dan selalu lestari. Campur tangan pemerintah daerah harus mulai dilakukan pada tempat-tempat unik seperti uluna, sehingga bisa menjadi salah satu andalan pariwisata alam setempat sekaligus menjadi cagar alam yang aman bagi para penghuninya. | MONGABAY.co.id

Leave a Reply