Pemandangan Danau Linow di Kelurahan Lahendong Kecamatan Tomohon Selatan Kota Tomohon Provinsi Sulawesi Utara. (Foto: publikreport.com)
Pemandangan Danau Linow di Kelurahan Lahendong Kecamatan Tomohon Selatan Kota Tomohon Provinsi Sulawesi Utara. (Foto: publikreport.com)

Pesona Linow, Danau Indah di Lahendong

Danau Linow di Kelurahan Lahendong Kecamatan Tomohon Selatan Kota Tomohon Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), adalah salah satu destinasi wisata di Kota Tomohon yang sudah dikenal hingga ke mancanegara. Keindahan alami serta kisah misterius danau alam ini pun sangat menarik rasa ingin tahu dari wisatawan yang belum pernah datang.

Untuk menuju Danau Linow ini kita harus menempuh jarak 7.4 km dan membutuhkan waktu sekitar 25 menit dari pusat kota Tomohon dengan kendaraan roda empat. Memasuki Desa Lahendong wisatawan akan mencium bau menyengat belerang.

Ketika sampai di Kelurahan Lahendong, wisatawan akan menempuh tanjakan sekitar 1 km dan turunan untuk sampai tepat ke Danau Linow.

Jurnalis publikreport.com yang mengunjungi Danau Linow, mengunjungi salah satu café yang dikelola kelompok masyarakat Kelurahan Lahendong. Masuk ke café dipinggir danau ini pengunjung tidak dipungut biaya. Beda dengan café yang dikelola swasta di dekatnya.

Di sini, saya dan pengunjung lainnya dimanjakan dengan hijaunya pepohonan di bukit yang mengitari danau ini serta merdunya riak air dan kicauan burung.

Danau penuh misteri ini benar-benar unik, warna airnya berubah-ubah ketika diterpa sinar matahari. Kebiruan, hijau, kuning dan kecoklatan tergantung sinar matahari.  Perubahan warna air danau ini karena belerang yang terkandung dalam air dan dasar danau mengakibatkan pantulan serta pembiasan cahaya matahari.

Sejuknya udara dan semilir angin sepoi-sepoi saya menikmati sambil menyantap penganan serta secangkir air teh dan kopi bersama teman-teman.

LIHAT: Indahnya Danau Linow

Leave a Reply