Ilustrasi.
Ilustrasi.

Pascaputusan MK, Parpol Diverifikasi Kembali

POLITIK

TOMOHON, PUBLIKREPORTcom – Paska putusan Mahkamah Konstitusi (MK) Nomor 53/PUU-XV/2017, Komisi Pemilihan Umum (KPU) diminta untuk melaksanakan verifikasi Data Sistem Informasi Partai Politik (SIPOL) terhadap seluruh Partai Politik (Parpol) calon peserta Pemilu 2019 baik data keanggotaan, kepengurusan dan kantor tetap partai politik.

Dari 12 Partai lama yang awalnya tidak masuk dalam jadwal verifikasi faktual, masing-masing Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Partai Nasional Demokrat (Nasdem), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Demokrat, dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) akan diverifikasi sampai ke tingkat kabupaten/kota.

Diketahui dari 12 partai politik tersebut, di kota Tomohon telah terjadwal verifikasi terhadap 9 partai politik, dimulai 30 Januari – 01 Februari 2018.

Beriringan dengan pelaksanaan verifikasi kembali ini, Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kota Tomohon telah membentuk tim pengawas untuk mengawal Komisi Pemilihan Umum (KPU). Pengawas-pengawas telah diberikan pembekalan.

“Tim pengawas yang diterjunkan telah diberikan pembekalan,” kata Steffen Linu, salah satu personil Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Tomohon.

Ada Temuan, Panwaslu Akan Panggil 4 Parpol
Panwaslu Tomohon Janji Kawal Seluruh Tahapan Pemilu 2019

Leave a Reply