Motor tua Vincent Black Lightning laku dengan harga Rp 10,7 miliar. (Foto: thesun.co.uk)
Motor tua Vincent Black Lightning laku dengan harga Rp 10,7 miliar. (Foto: thesun.co.uk)

Sepeda Motor Tua Ini Laku Rp10 M Kalahkan Harga Mobil Jaguar

Sepeda motor tua buatan Inggris telah memecahkan rekor penjualan kendaraan dua roda dengan harga £ 650.000 atau sekitar Rp 10,7 miliar. Vincent Black Lightning mulai dijual pada tahun 1948 mampu melaju lebih cepat daripada mobil sport Jaguar XK120. Motor ini juga mampu mengalahkan harga mobil Jaguar misalnya tipe F-Pace terbaru hanya Rp 3 miliar.

Motor ini adalah satu dari 33 sepeda motor yang memiliki kecepatan tertinggi di dunia sebelum kemudian dibawa ke Australia. Sebelum dikirim ke Down Under untuk pemilik pertama Tony MacAlpine pada bulan Juli 1951, diuji di lapangan terbang Cambridgeshire yang mencapai 130mph atau sekitar 209 kilometer per jam pada gigi ketiga.

Dua tahun kemudian, di tangan pemilik baru ‘Black’ Jack Ehret, motor Vincent memecahkan rekor kecepatan darat di Australia mencapai 141,5 mph atau sekitar 227 kilometer per jam. Motor ini memiliki status legenda motor yang laku dengan harga termahal.

Bonhams, situs pelelangan motor ini mampu terjual di Las Vegas dengan harga $ 929.000 (£ 651,715). Rumah pelelangan tersebut mengatakan bahwa Vincent Black Lightning adalah, “Inilah motor produksi massal yang paling didambakan yang pernah ada.”

Dalam usia 66 tahun, sepeda motor Vincent Black Lightning telah dikendarai sejauh 5.000 mil dengan sebagian besar ini dalam balapan dan tantangan kecepatan. Setelah memecahkan rekor kecepatan darat Australia, Jack Ehret dan Vincent Black Lightning adalah sosok reguler di balapan jalanan. | THE SUN I TEMPO.co

Leave a Reply