Ilustrasi. (Foto: shutterstock.com)
Ilustrasi. (Foto: shutterstock.com)

Penderita Diabetes Tak Boleh Hamil, Mitos atau Fakta?

Diabetes merupakan salah satu dari empat prioritas penyakit tak menular. Diabetes juga menduduki peringkat ke-9 penyebab kematian wanita di dunia. Data Kementerian Kesehatan Repuiblik Indonesia menyebutkan 80 persen kejadian diabetes dapat dicegah.

Diabetes dapat dicegah atau ditunda dengan melakukan pengobatan yang maksimal. Penyakit ini juga dapat dikontrol dan penderita diabetes dapat berumur panjang dengan menjaga pola makan dan gaya hidup yang sehat.

Ada berbagai rumor tentang diabetes yang tersebar di masyarakat, terutama pada ibu hamil dengan diabetes. Berikut mitos dan fakta tentang diabetes berdasarkan data Kementerian Kesehatan RI.

  1. Diabetes bukan masalah besar – Mitos

Fakta: Jika dibiarkan, diabetes dapat menyebabkan komplikasi serius dan menyebabkan kematian lebih cepat dari seharusnya. Diabetes menjadi salah satu dari delapan penyakit utama penyebab kematian orang dewasa. Menderita diabetes memperbesar kemungkinan dua kali lebih besar terkena serangan jantung. Diabetes merupakan penyebab utama kebutaan, gagal ginjal, amputasi tungkai bawah, dan beberapa akibat jangka panjang lain yang membuat kualitas hidup menjadi lebih rendah.

  1. Orang dengan diabetes harus melakukan diet khusus – Mitos

Fakta: Diet makanan sehat bermanfaat bagi siapapun, termasuk orang dengan diabetes. Pola makan sehat harus mengandung biji-bijian, sayuran dan buah, menghindari lemak trans, dan membatasi lemak larut dan karbohidrat olahan, khususnya gula.

  1. Makanan ‘Ramah Diabetes’ dan ‘Bebas Gula’ baik bagi Penderita – Mitos

Fakta: Makanan bebas gula kerap mengandung sejumlah kalori dan gula, bahkan karbohidrat. Jadi, mulailah untuk meneliti label makanan. Kata alami tak selalu berarti aman.

  1. Penderita diabetes tak dapat mendonorkan darah – Mitos

Fakta: Penderita diabetes tetap dapat menjadi pendonor darah selama kadar gula dalam darahnya terkendali.

  1. Perempuan dengan diabetes sebaiknya tak hamil – Mitos

Fakta: Dengan pengendalian gula darah yang baik, perempuan dengan diabetes tetap dapat mengandung dan melahirkan bayi yang sehat.

Leave a Reply