Ilustrasi.
Ilustrasi.

Apakah Tunjangan Jabatan Termasuk dalam Perhitungan THR?

Saya mau bertanya tentang THR.

  1. Masa kerja saya sudah mencapai 1 tahun lebih
  2. Saya mendapat tunjangan jabatan acting staf humas. Apakah THR saya termasuk tunjangan jabatan acting atau tidak, karena sudah beberapa bulan saya sudah mendapatkannya atau menerimanya?

Mohon bantuan penjelasannya. Terima kasih.

Jawaban:

Artikel di bawah ini adalah pemutakhiran dari artikel dengan judul sama yang dibuat oleh Letezia Tobing, S.H., M.Kn. dan pertama kali dipublikasikan pada Rabu, 25 Juni 2014.

Intisari:

Besarnya Tunjangan Hari Raya (“THR”) ditetapkan sebagai berikut:

  1. Pekerja/Buruh yang telah mempunyai masa kerja 12 bulan secara terus menerus atau lebih, diberikan sebesar 1 (satu) bulan upah;
  2. Pekerja/Buruh yang mempunyai masa kerja 1 (satu) bulan secara terus menerus tetapi kurang dari 12 bulan, diberikan secara proporsional sesuai masa kerja dengan perhitungan:

masa kerja x 1 (satu) bulan upah
12

Upah 1 (satu) bulan terdiri atas komponen upah:[1]

  1. upah tanpa tunjangan yang merupakan upah bersih (clean wages); atau
  2. upah pokok termasuk tunjangan tetap.

Apabila pembayaran tunjangan jabatan Anda dilakukan secara teratur dan tidak dikaitkan dengan kehadiran atau pencapaian prestasi kerja tertentu, maka tunjangan jabatan tersebut dapat dikategorikan sebagai tunjangan tetap.

Oleh karena itu, merujuk pada pengaturan perhitungan THR di atas, jika komponen upah di perusahaan tempat Anda bekerja adalah upah pokok termasuk tunjangan tetap, maka tunjangan jabatan yang Anda terima termasuk ke dalam perhitungan THR Anda.

Leave a Reply