Benteng Moraya, destinasi wisata bagi semua kalangan. (Foto: publikreport.com)
Benteng Moraya, destinasi wisata bagi semua kalangan. (Foto: publikreport.com)

Benteng Moraya Destinasi Wisata Semua Kalangan

Tahu objek wisata Benteng Moraya? Destinasi wisata yang dibangun Pemerintah Kabupaten Minahasa ini cocok untuk semua kalangan dari anak-anak sampai orang dewasa. Karena selain berlibur dan bertamasya, Anda bisa belajar tentang sejarah Perang Tondano serta seni dan budaya.

Benteng Moraya berada di pinggiran Danau Tondano, tepatnya di Kelurahan Roong Kecamatan Tondano Barat. Jarak dari Manado sekitar 35 km. Sedangkan dari Tomohon 22,4 km dan dari pusat kota Tondano (Tugu ‘Monas’ Tondano) sekitar 1,3 km.

Tidak terlalu jauh bukan?

BACA JUGA: Bebek Bumbu RW (Pedas namun nikmat)

Tiba di lokasi, Anda akan disambut ukiran sosok kawasaran (prajurit adat Minahasa) dan tagline Benteng Moraya  dengan 12 tugu besar, masing-masing 6 di arah selatan dan 6 lagi sebelah utara lengkap dengan ukiran gambar sejarah Perang Tondano serta fam-fam (marga) orang Minahasa. Ditengahnya, berdiri Benteng Moraya. Menara empat lantai yang menurut sejarah dulunya adalah Minawanua benteng pertahanan Tondano melawan kompeni yang datang menjajah.

Di menara ini yang dikelilingi kolam, Anda bisa menapaki anak-anak tangganya dan singga dari lantai satu hingga lantai empat. Dari puncaknya, Anda bisa melihat indahnya Danau Tondano dengan hamparan persawahan serta jejeran pegunungan di kejauhan dan permukiman warga (kampung-kampung) yang mengelilingi Danau Tondano.

Di sekitar menara, Anda bisa membaca Doa Bapa Kami yang terukir pada salah satu dinding dalam Bahasa Indonesia dan Inggris. Terus berjalan lebih ke dalam (belakang) terdapat amphitheater untuk pertunjukan seni dan budaya.

BACA JUGA: Puncak Urongo, Pemandangannya Mempesona

Leave a Reply