Tole panggilan akrab Petrus Palohoen membuat cakalang fufu (ikan asap) di bilangan Pasar Beriman Tomohon, Lingkungan VII, Kelurahan Paslaten I Kecamatan Tomohon Timur, Kota Tomohon. (Foto: publikreport.com)
Tole panggilan akrab Petrus Palohoen membuat cakalang fufu (ikan asap) di bilangan Pasar Beriman Tomohon, Lingkungan VII, Kelurahan Paslaten I Kecamatan Tomohon Timur, Kota Tomohon. (Foto: publikreport.com)

Nikmatnya Cakalang Fufu Buatan Petrus ‘Tole’ Palohoen

TOMOHON, PUBLIKREPORTcom –  Bergelut dengan tebalnya asap yang membuat mata perih serta panasnya bara sudah biasa bagi Tole, panggilan akrab pria bernama lengkap Petrus Palohoen, yang setiap hari membuat ikan asap cakalang fufu (cakalang merah) di tempat pengasapan ikan yang dibuat Pemerintah Kota Tomohon.

Tole yang berdomisili di Lingkungan VII, Kelurahan Paslaten I Kecamatan Tomohon Timur, Kota Tomohon, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), sudah 20 tahun menggeluti pekerjaan ini.

“Ini mata pencarian utama saya untuk menghidupi keluarga,” kata Tole saat ditemui publikreport.com, Senin, 12 Februari 2018, di tempat pengasapan ikan yang dekat dengan rumahnya.

Bahan utama membuat ikan asap ini adalah ikan cakalang mentah yang dipasok dari Manado dan Bitung. Setiap hari Tole mengolah ikan cakalang mentah sebanyak 200 kilogram atau sekitar 70 ekor. Ikan dibelinya seharga Rp20 ribu per kilogram (kg).

“Kalau membeli langsung lebih murah Rp18 ribu per kilogram,” ujar ayah dua anak ini.

Bahan lain yang disiapkan, Tole mengungkapkan, kayu bakar untuk pengasapan. Kayu ini dikirim dari Desa Bentenan, Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra).

“Kayu saya beli Rp5 ribu per ikat. Sekali pengasapan dibutuhkan 15 ikat,” jelasnya.

Dengan keringat yang bercucuran, Tole menceritakan, dalam memulai usahanya ini dirinya menyiapkan modal sekitar Rp10 juta. Namun, sebagai pembuat ikan asap cakalang fufu, Tole mengaku tidak cukup bermodalkan uang, tapi dibutuhkan kejelian dan ketelitian.

Setelah selesai pengasapan, ikan cakalang fufu ini kemudian dipasarkan isterinya dengan harga Rp20 ribu hingga Rp45 ribu. Tergantung ukuran besar kecilnya ikan.

Pak Tua di Emperan Toko Tomohon

Leave a Reply