Aspark Owl EV diklaim sebagai mobil listrik tercepat di dunia. Akselerasi dari 0 hingga 100 kilometer per jam hanya dalam waktu 1,9 detik. (insideevs.com)
Aspark Owl EV diklaim sebagai mobil listrik tercepat di dunia. Akselerasi dari 0 hingga 100 kilometer per jam hanya dalam waktu 1,9 detik. (insideevs.com)

Inikah Mobil Listrik Tercepat di Dunia?

Mobil listrik Aspark Owl EV memulai debutnya di Frankfurt Motor Show tahun lalu. Sebuah video tentang aksi sprint mobil super bertenaga listrik ini beredar di Youtube.

Mobil dengan warna gelap serat karbon itu mampu melakukan sprint dari titik 0 hingga kecepatan 100 kilometer per jam hanya dalam waktu 1,89 detik! Angka ini cukup untuk mengalahkan Roadster terbaru Tesla yang diklaim mampu melesat 1,9 detik dari 0 hingga kecepatan 100 kilometer per jam.

Lantas, berapa kira-kira harga mobil super dari Jepang ini? Situs newatlas.com memperkirakan harga mobil ini sekitar US$ 4 juta, lebih mahal US$ 1 juta dibanding Roadster Tesla.

Dalam video itu, mobil super ini hanya dites di sebuah jalan pendek, tak sampai 100 meter. Mungkin di sebuah halaman parkir perusahaan pembuat mobil itu. Bahkan sang pengemudi sepertinya tidak punya cukup ruang untuk berbelok, dari kecepatan 100 kilometer per jam, lalu tiba-tiba berhenti hanya beberapa inci di ujung jalan.

Di situs Aspark, prototipe Owl itu disebut menggunakan dua motor 40 kW. Aspark mengklaim mampu menciptakan teknologi baru untuk mengontrol output tenaga dari motor, yakni menghasilkan 160kW dari motor 40kW itu.

Situs autoweek memperkirakan mobil ini mampu menghasilkan sektiar 1.000 hp. “Kami menghasilkan ide yang sama sekali baru. Kami menggunakan kapasitor yang didukung oleh energi regeneratif dari pengereman,” tulis Aspark di situsnya.

Owl memiliki dua tempat duduk berdiameter sekitar 190 inci, lebarnya 76 inci dan tingginya 39 inci. Sekali isi baterai, mobil listrik ini sanggup melaju hingga 93 mil (149,6 kilometer). | AUTOWEEK I TEMPO.co

Leave a Reply