Petani kopi di Perkebunan Apado di Desa Bilalang Kotamobagu, Provinsi Sulawesi Utara.
Petani kopi di Perkebunan Apado di Desa Bilalang Kotamobagu, Provinsi Sulawesi Utara.

Kopi Kotamobagu Diminati Pasar Dunia

KOTAMOBAGU, publikreport.com – Kotamobagu terkenal dengan perkebunan kopi, khususnya jenis Arabica. Kopi di Kotamobagu ditanam di daerah dataran tinggi karena dinilai memiliki kualiatas yang bagus. Hebatnya, kopi Kotamobagu telah terkenal ke seantero nusantara bahkan dunia.

Salah seorang Pemerhati Pertanian, Sofyanto Mamonto mengungkapkan, kopi Arabica dari Indonesia tak tergantikan di pasar dunia. Karena citarasanya yang berbeda.

“Kopi Kotamobagu dari hasil pengujian sampel oleh Balai Pengujian Kopi dan Kakao Jember Jawa Timur (Jatim), skornya mencapai 85. Itu skor tertinggi. Artinya kopi Kotamobagu memenuhi syarat untuk dieksport,” jelasnya.

Masalahnya, Sofyanto mengatakan, produksi kopi Arabica dari Indonesia, khususnya Kotamobagu sangat terbatas. Padahal permintaan pasar dunia sangat tinggi.

Permintaan dunia atas kopi Arabica Kotamobagu, menurut Sofyanto sebenarnya sudah datang dari salah satu perusahaan kopi di Ukraina. CLL Perusahaan Berkov di Ukraina sebagai distributor dan perdagangan kopi mencari mitra untuk menjadi pemasok kopi dari Indonesia. Kopi yang diminta mulai dari jenis Robusta dan Arabica.

“Sampelnya sudah dikirim ke Ukraina. Dan ternyata diminati. Permintaan kopi 70-80 Ribu kilogram per tahun,” ujarnya.

Leave a Reply