Mengigit es batu bisa membuat sakit gigi. (Foto: tabloidbintang)
Mengigit es batu bisa membuat sakit gigi. (Foto: tabloidbintang)

Bukan Makanan Manis, tapi Awas Bikin Sakit Gigi

Apakah Anda sudah menghindari makanan manis penyebab sakit gigi? Makanan manis ‘sahabat’ sakit gigi adalah permen dan cokelat. Walaupun Anda sudah menggosok gigi dengan baik, namun sakit gigi tetap menyerang. Apa masalahnya?

Ternyata, ada beberapa jenis makanan tidak manis yang juga bisa sebabkan sakit gigi, bahkan secara mendadak. Apa saja jenis makanan tersebut, seperti dilansir Teen.co.id berikut ini.

  1. Acar

Beberapa orang mungkin suka menambahkan acar sebagai makanan pelengkap. Namun sebuah studi di tahun 2004 mengungkapkan, bahwa acar merupakan salah satu penyebab sakit gigi.

  1. Permen asam

Selain permen manis, permen asam ternyata juga dapat menyebabkan sakit gigi. Kandungan asam yang tinggi di dalam permen tersebut akan mengikis lapisan terluar gigi Anda hingga menimbulkan plak yang menggerogoti gigi. Timbunan plak yang telanjur terbentuk akan membuat gigi sulit dibersihkan.

  1. Es batu

Mengunyah es batu menjadi kebiasaan yang sulit dihilangkan bagi sebagian orang, terlebih ketika mengonsumsi minuman dingin. Namun perlu diketahui bahwa kebiasaan ini dapat merusak email gigi serta membuat gigi lebih sensitif.

  1. Roti putih

Kaya karbohidrat, roti putih berisiko tinggi sebabkan sakit gigi. Terlebih teksturnya yang empuk dapat dengan mudah terselip di gigi Anda yang membuat bakteri mudah berkembang biak. Dari sini muncul sakit gigi yang ditakutkan. | TABLOIDBINTANG.com I TEMPO.co

Leave a Reply