Vladimir Putin sedang mengendarai Sedan Lada, buatan pabrikan lokal Rusia.
Vladimir Putin sedang mengendarai Sedan Lada, buatan pabrikan lokal Rusia.

Inilah Mobil Andalan Presiden Rusia Vladimir Putin

Presiden Rusia, Vladimir Putin, memiliki kegemaran dengan dunia otomotif. Beberapa kali, ia nampak ikut dalam sejumlah parade klub motor di Rusia. Pada 2011, ia mengikuti parade motor di sebuah kapal perang era Soviet di pelabuhan Novoslsiysk, Laut Hitam, yang diadakan untuk menandai pembebasan kota tersebut selama Perang Dunia Kedua.

“Saya ingin berbicara dengan Anda, saudara laki-laki. Kalian hebat tidak hanya bersenang-senang saat naik motor namun tidak melupakan pahlawan masa lalu,” ujar Putin.

Saat itu, Putin memakai baju warna hitam dengan mengendarai motor Harley-Davidson Lehman Trike. Tak hanya di negara Rusia, Putin juga beberapa kali Sevastopol, Ukraina. Selain Harley-Davidson Lehman Trike, ia juga pernah mengendarai Ural, motor buatan Rusia. Tak hanya motor, Putin juga memiliki beberapa mobil andalan:

Kortezh, modelnya mirip limo. Namun, model Kortezh juga ada yang berbentuk SUV, sedan dan minivan. Produksi terbatas sebanyak 4-5.000 unit. Mobil ini sedang dikembangkan oleh Central Scientific Research Automobile and Automotive Engines Institute (NAMI) yang didanai pemerintah Rusia. Mesinnya sedang dikembangkan oleh Porsche. Kabar beredar mesinnya berbentuk twin-turbo v12 dengan tenaga mendekati 800 Bhp. Mobil memiliki kelebihan antipeluru.

Saat ini, Presiden Putin menggunakan versi limusin Mercedes Benz S600 Pullman yang dimodifikasi dan berlapis baja. Teknologi Kortezh diharapkan mampu mengimbangi Mercedes.

Selain itu, Putin juga memiliki mobil dengan merek Lada, buatan pabrikan lokal Rusia. Ada beberapa mobil yang dikendarainya yaitu sedan Lada Granta saat ia berkunjung ke pabriknya di kota Togliatti di Rusia. Namun di rumahnya, Putin juga memiliki mobil Lada yaitu bergaya Jeep militer yang digunakan untuk melintasi perbatasan Rusia timur.

Vladimir Putin juga memiliki koleksi kendaraan pribadi, yang tidak banyak muncul di media dan jarang digunakan di depan umum. Kebanyakan mobil-mobil vintage, buatan Soviet, yang disimpan di garasi tempat tinggalnya di Kawasan Novo-Ogarevo di Moskow. Diantaranya Volga 1956, Zaporozhets tahun 1972 yang dibuat di Ukraina dan Zhiguli 1970. | TELEGRAPH | CARTOQ | RBTH | TEMPO.co

Leave a Reply