Ilustrasi.
Ilustrasi.

Sangihe Usulkan 880 CPNS

TAHUNA, publikreport.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Sangihe, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), mengusulkan 880 Calon Pengawai Negeri Sipil (CPNS) kepada pemerintah pusat melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB).

“Usulan CPNS ini sudah disampaikan ke pemerintah pusat,” kata Sekretaris Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Daerah Kabupaten Kepulauan Sangihe, Alminus Takalawangen, Senin, 19 Maret 2018.

Usulan CPNS ini, menurut Alminus, didominasi bidang kesehatan dan pendidikan. Alasannya, Kabupaten Sangihe kekurangan tenaga kesehatan dan pendidikan.

“Tenaga kesehatan dan pendidikan akan ditempatkan di wilayah kepulauan seperti Marore dan wilayah kepulauan yang ada di sekitarnya,” ungkapnya.

Moratorium CPNS, diakui Alminus belum dicabut pemerintah pusat. Namun, karena kebutuhan pelayanan kepada masyarakat khususnya wilayah perbatasan dan kepulauan membuat Pemerintah Kabupaten Sangihe harus mengusulkan CPNS. Apalagi, belanja pegawai dalam APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah) Kabupaten Sangihe Tahun Anggaran (TA) 2018 belum mencapai 50 persen, sehingga dimungkinkan dilaksanakan penerimaan CPNS.

Kendati sudah mengusulkan, Alminus membeberkan, belum ada jawaban dari KemenPANRB. Namun dirinya yakin usulan ini akan disetujui.

“Demi kebutuhan masyarakat di Kabupaten Sangihe yang merupakan wilayah terdepan, terpencil serta terluar,” ujarnya.

Leave a Reply