Gubernur Sulut diwakili Sekretaris Daerah Provinsi Sulut, Edwin Silangen, Sabtu, 31 Maret 2018, membuka Festival Celebrate the Sea.
Gubernur Sulut diwakili Sekretaris Daerah Provinsi Sulut, Edwin Silangen, Sabtu, 31 Maret 2018, membuka Festival Celebrate the Sea.

Sulut Kerja Keras Datangkan Wisatawan

MANADO, publikreport.com – Seluruh upaya yang dilakukan untuk mendatangkan wisatawan ke Provinsi Sulawesi Utara (Sulut). Dan kerja keras ini tidaklah percuma. Data hingga akhir 2017, julah kunjungan Wisatawan Mancanegara (Wisman) telah mencapai angka di atas 100 ribu atau meningkat 400 persen sejak dibukanya penerbangan langsung dari beberapa kota besar di China ke Manado.

Pencapaian ini, menurut Gubernur Sulut yang diwakili Sekretaris Daerah Provinsi Sulut, Edwin Silangen, harus diimbangi dengan berbagai ajang mempromosikan pariwisata hingga keluar negeri.

“Kami berupaya terus mengembangkan potensi wisata daerah dalam berbagai dimensinya, serta tentu membenahi setiap destinasi wisata yang ada sekaligus memperbanyak iven-iven pariwisata,” kata Edwin pada Pembukaan Festival Celebrate the Sea di Manado, Sabtu, 31 Maret 2018.

Festival Celebrate the Sea ini, Edwin optimis akan menjadikan pariwisata sebagai leading sektor pembangunan. Sebagai spirit menjadikan bumi nyiur melambai menjadi daerah terbaik industri pariwisata ditunjang dengan sebagian besar wilayahnya yang merupakan lautan dan wilayah pesisir dengan panjang garis pantai mencapai 81.900 Kilometer (Km) serta berada di tepian pasific (pasific rim).

“Berbagai keunggulan ini mendorong Pemerintah Provinsi Sulut terus melakukan pemantapan di berbagai sub sektor dengan menjadikan pariwisata sebagai leading sectornya. Salah satu caranya terus berupaya mendatangkan wisatawan baik dari luar dan dalam negeri,” jelasnya.

Festival Celebrate the Sea ini dilaksanakan 31 Maret-04 April 2018. Sejumlah tokoh internasional, fotografer bawah air dan perwakilan dari puluhan negara hadir di Manado. Satu diantaranya, Sylvia Earle, cover Majalah TIME 2017 bertema ‘perempuan yang mengubah dunia’.

Festival Celebrate The Sea merupakan festival yang paling berpengaruh di Asia Pasifik selama ini. Sylvia Earle akan mengumumkan Taman Laut Bunaken menjadi Blue’s HOPE Spot.

Sebuah misi perlindungan hiu serta pelarangan aneka produk dari hiu. Selain itu, kampanye tidak menggunakan produk plastik sekali pakai di Sulut.

Sejumlah mata acara bertema penyelamatan laut bakal digelar selama festival ini. Misalnya, Kompetisi Fotografi Bawah Air CTS Internationaldi Pulau Bangka Manado dan Pulau Lembeh Bitung, 01-03 April, dengan total hadiah 35 ribu dolar Amerika Serikat (AS). Pemenang utama lomba fotografi berhak atas hadiah 5.000 dollar AS. Sedangkan hadiah untuk pemenang tiap kategori berhak atas 2.000 dollar AS.

Leave a Reply