Panti Asuhan Nazaret Matani, Tomohon. (Foto: Yelli Prisilia/PUBLIKREPORT.COM)
Panti Asuhan Nazaret Matani, Tomohon. (Foto: Yelli Prisilia/PUBLIKREPORT.COM)

Rumah Pengasih Awal Mula Panti Asuhan Nazaret

TOMOHON, PUBLIKREPORTcom – Rumah Pengasih didirikan Ds AZR Wenas bersama Wanita Kaum Ibu Gereja Masehi Injili di Minahasa (GMIM) pada 07 Februari 1935, dilandasi rasa prihatin kepada janda, duda, anak yatim, piatu, dan yatim piatu sebagai korban perang masa itu. Kala itu Rumah Pengasih ini merupakan tempat penampungan yang berlokasi di Desa kini Kelurahn Talete, Kecamatan Tomohon Tengah, Kota Tomohon, atau kini berdiri Rumah Sakit Umum (RSU) GMIM Bethesda.

32 tahun kemudian, tepatnya pada 30 September 1967 Rumah Pengasih beralih ke rumah yang diberikan Keluarga Kaunang-Tamunu di Desa kini Kelurahan Matani, Kecamatan Tomohon Tengah. Nama Rumah Pengasih kemudian berganti menjadi Huize Nazaret.

Seiring berjalan waktu Huize Nazaret kembali berganti nama menjadi Panti Asuhan Nazaret sampai saat ini. Nama Nazaret sengaja tidak dihilangkan agar siapa saja yang pernah tinggal, dibesarkan, ataupun bekerja di Panti Asuhan Nazaret selalu mengenang akan jasa serta kebaikan hati dari Keluarga Kaunang-Tamunu.

Anak Panti Asuhan Nazaret Banyak yang Berhasil

Leave a Reply