Rudiantara, Menteri Komunikasi dan Informatika.
Rudiantara, Menteri Komunikasi dan Informatika.

Menkominfo: Hati-hati Masukan Data Pribadi di Medsos

MANADO, publikreport.com – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) RI, Rudiantara meminta agar masyarakat berhati-hati dalam memasukan data pribadid dalam aplikasi-aplikasi di media sosial (medsos). Alasannya, data yang sangat pribadi bisa disalahgunakan oknum tertentu ketika terjadi kebocoran atas data itu.

“Masing-masing kita harus berhati-hati dalam memberikan data pribadi saat install aplikasi-aplikasi, baik media sosial maupun messenger,” kata Rudiantara pada acara social media peacemaker di aula Universitas Samratulangi (Unsrat) Manado, Jumat, 13 April 2018.

Masyarakat, Rudiantara melanjutkan, agar bisa mengurangi penggunaan medsos, jika aplikasi yang digunakan tidak memberikan nilai tambah. Namun, jika media sosial tersebut memang dibutuhkan dalam menjalani aktivitas, maka masyarakat dipersilahkan mengaksesnya.

“Asalkan setiap pengguna paham akan potensi bahaya yang bisa saja menyerang para pengguna medsos,” ujarnya.

Mengenai kebocoran data facebook, Rudiantara menjelaskan, pihaknya telah bertemu dengan perwakilan facebook di Indonesia. Pihak facebook berjanji akan memitigasi berbagai persoalan yang menyangkut data penggunanya di Indonesia.

“Saat ini mereka masih melakukan audit seluruh aplikasi pihak ketiga yang ada di facebook. Menkominfo sudah ultimatum untuk dilaporkan secepatnya. Semoga tidak ada penyelewengan penggunaan data-data pribadi pengguna facebook di Indonesia,” katanya.

Bijak manfaatkan medsos

Di tempat yang sama Gubernur Provinsi Sulut diwakili Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Sulut, Jeti Pulu mengatakan, hadirnya medsos di tengah era digital saat ini mendorong teknologi komunikasi dan informasi, serta aspek kehidupan lainnya mengalami perkembangan sangat hebat dengan beragam tantangan kompleks terhadap masyarakat secara luas.

Leave a Reply