Ilustrasi. Bunga Peony (pixabay.com)
Ilustrasi. Bunga Peony (pixabay.com)

Tiongkok Kembangkan Industri Wisata Bunga

BACA JUGA: Tatakan Bunga yang Membahayakan Pejalan Kaki

Masih ada pusat peony lain, yakni desa Wangping yang ada di pegunungan Linxia. Semula kawasan ini merupakan desa miskin dan kini sudaH makmur berkat menanam peony. Wangping kesohor sebagai desa peony pertama di Hezhou.

Berkat peony kemakmuran desa terangkat. Pada 2013 dari ke-252 rumah tangga desa, seKitar 172 keluarga terjerAt kemiskinan. Jumlahnya tingal menjadi enam pada akhir tahun 2017.

Adalah He Shenghong yang dikenal sebagai Raja Peony Linxia. Dia adalah pelopor industri peony di Desa Wangping. Ia tak hanya membuka lahan pembibitan, tapi juga mengembangkan produk teh peony dan alkohol dari peony. Teh benang sari peony dijual per gram, harganya hampir 10 ribu yuan per 500 gram.

Langkahnya itu diikuti warga lain. Menurut perhitungan penduduk, menanam bunga peony lebih menguntungkan ketimbang gandum. Sebab, dengan siklus tanamana lima tahunan, petani bisa meraup keuntungan lebih 100 ribu yuan per mu.

Sekarang desa tersebut telah mendirikan koperasi perkebunan peony minyak yang menopang kegiatan mereka di bidang peony. | ANTARANEWS.com I TEMPO.co

Leave a Reply