Ilustrasi.
Ilustrasi.

Koalisi Menelusuri Kepemilikan Bisnis Asia Pulp and Paper, Apa Temuannya?

Suhendra Wiriadinata, Direktur APP Sinar Mas menyebutkan, perusahaan telah mempelajari rinci laporan yang dikeluarkan Koalisi Anti Mafia Hutan. Dia bilang, tidak yakin sebenarnya kesalahan apa yang dituduhkan kepada APP Sinar Mas.

Menurut dia, hal wajar untuk sebuah perusahaan yang memiliki hubungan signifikan dengan perusahaan lain dalam rantai pasokan, baik dalam hal ekonomi maupun operasional.

”Terlebih dalam rantai pasokan yang sangat terintegrasi, seperti rantai pasokan kami,” katanya.

Koalisi menyatakan ada “kemungkinan penggelapan pajak” dan “menghindari tanggung jawab,” katanya, hal itu tak memberikan bukti kesalahan apapun.

”Berdasarkan hukum Indonesia, ada persyaratan ketat soal kepatuhan hukum dalam kepemilikan perusahaan, dan APP Sinar Mas mematuhi semua hukum dan ketentuan berlaku.

Soal upaya APP Sinar Mas gunakan pemasok independen untuk memudahkan perusahaan mencapai sertifikasi keberlanjutan, katanya, tak mencerminkan relasi sama sekali dengan badan sertifikasi.

Mereka, katanya, sudah menerapkan standar tunggal, yakni kebijakan konsevasi hutan di sepanjang rantai pasokan, terlepas dari apakah APP Sinar Mas memiliki saham di pemasok itu atau tidak.

“Kami melakukan ini karena satu-satunya hal yang akan mempermudah kami mencapai sertifikasi keberlanjutan adalah memastikan keberlanjutan seluruh rantai pasokan kami,” katanya.

Dia menjelaskan, fokus utama APP Sinar Mas adalah memastikan pasokan kayu bebas dari deforestasi.

Hubungan dan pengaruh APP Sinar Mas terhadap para perusahaan pemasok, katanya, merupakan salah satu faktor kunci yang memungkinkan korporasi memastikan hal itu.

Informasi dalam laporan koalisi soal struktur kepemilikan perusahaan dalam rantai pasokan itupun, katanya, memang dari sumber-sumber yang dapat diakses publik, termasuk informasi yang APP Sinar Mas buka sendiri ke publik.

Perusahaan, katanya, akan melibatkan auditor pihak ketiga meninjau seluruh bisnis kehutanan di Indonesia. Upaya ini, katanya, guna menentukan jika ada karyawan APP Sinar Mas terlibat dalam bisnis-bisnis yang memiliki konflik kepentingan dengan perusahaan.

”Kami akan mengadakan lokakarya untuk mendiskusikan hasil audit ini dengan pihak-pihak berkepentingan setelah laporan selesai. Kami harap ini dapat menjadi akhir dari segala tuduhan tidak berdasar ini.” | MONGABAY.co.id

Leave a Reply