Wisatawan asing di Kawah Tompaluan, Gunung Lokon.
Wisatawan asing di Kawah Tompaluan, Gunung Lokon.

Tomohon Kota Destinasi Wisata Gunung Berapi

Kota Tomohon yang berjarak kurang lebih 25 kilometer (km) dari Kota Manado, Ibukota Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) memiliki sejumlah julukan, seperti Kota Pendidikan, Kota Reliji, Kota Pariwisata, Kota Bunga dan lain-lain. Sebagai Kota Pariwisata, Tomohon memiliki beragam objek wisata yang indah-indah.

Wisatawan Nusantara (Wisnu) dan Wisatawan Mancanegara (Wisman) terus membanjiri Kota Tomohon yang berada di ketinggian 700-800 meter dari permukaan laut (dpl) guna menikmati alam yang indah.

Udara Kota Tomohon yang dingin sehingga kerap disebut Kota Sejuk berada di kaki Gunung Lokon (Kasehe dan Tatawiran), Gunung Mahawu dan Gunung Masarang serta Bukit Wawo.

BACA JUGA: Katingolan, Kota Tua Tombariri dan Woloan

Gunung Lokon (1.580 meter) terbilang salah satu gunung berapi teraktif di Indonesia. Di kaki gunung inilah Kawah Tompaluan kerap mengeluarkan material vulkanik, sehingga tanah di Kota Tomohon subur. Tentunya juga  Gunung Mahawu (1.324) merupakan gunung aktif yang dulunya sempat menyuburkan tanah-tanah di Kota Tomohon dan sekitarnya.

Kedua gunung berapi ini menjadi destinasi wisata bagi para pecinta gunung api di dunia dan para fotografer. Para wisatawan lokal maupun asing seakan tak gentar berpetualang di hutan dan gunung yang ada di Kota Tomohon.

BACA JUGA: Tomohon, Kota Tua Tanah Minahasa

Karena memiliki dua gunung berapi yang sangat aktif, Tomohon dilengkap Pos Pengamatan Gunung Api Lokon dan Mahawu Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) di Kelurahan Kakaskasen, Kecamatan Tomohon Utara. Pos Pengamatan Gunung Api Lokon dan Mahawu ini dapat memberikan informasi terkini tentang kedua gunung itu.

Sangat disarankan bagi wisatawan yang mau berpetualang di Gunung Lokon kiranya dapat  mencari informasi awal ke Pos Pengamatan ini, atau melapor ke pos kepolisian dan BPBD setempat.

Trekking yang menantang di gunung-gunung yang ada di Kota  Tomohon plus alam yang indah, serta keramahan dari penduduk setempat yang ganteng-ganteng dan cantik memberikan kepuasan tersendiri bagi para wisatawan. | DORANG

Leave a Reply