Inspektur FIFA, Chris Unger memeriksa Stadion Luzhniki, di Moscow yang akan menjadi tempat perhelatan Piala Dunia FIFA 2018, 05 Oktober 2017. (Foto: Reuters/Sergei Karpukhin)
Inspektur FIFA, Chris Unger memeriksa Stadion Luzhniki, di Moscow yang akan menjadi tempat perhelatan Piala Dunia FIFA 2018, 05 Oktober 2017. (Foto: Reuters/Sergei Karpukhin)

Serba-Serbi Piala Dunia Rusia 2018: 12 Stadion, 11 Kota

Kaliningrad

Pekerjaan konstruksi masih berlangsung di stadion berkapasitas 35.000 tempat duduk yang akan menggelar empat pertandingan penyisihan grup. Stadion ini dibangun di sebuah pulau, di jantung Kaliningrad.

Diapit antara Polandia dan Lithuania, Kaliningrad adalah kota tuan rumah turnamen yang terletak paling barat. Bagian otonom Laut Baltik, yang terkenal dengan nama Jermannya Konigsburg, jatuh ke tangan Moscow pada akhir Perang Dunia Kedua.

Volgograd

Di bangun di bekas salah satu medan pertempuran paling ganas pada Perang Dunia Kedua, Volgograd Arena yang berkapasitas 45.000 tempat duduk, akan menggelar empat pertandingan babak penyisihan grup.

Volgograd, yang dulu dikenal dengan nama Stalingrad, adalah lokasi monument “The Motherland Calls” untuk memperingati Pertempuran 200-hari Stalingrad, ketika pasukan Soviet menghentikan pergerakan tentara Nazi Jerman.

Rostov-On-Don

Rostov Arena, yang berkapasitas 45.000 tempat duduk dan berlokasi pinggiran Sungai Don, akan menggelar lima pertandingan, termasuk satu dari babak penyisihan 16 besar.

Rostov-on-Don, jalur persinggahan transportasi utama, memiliki populasi satu juta penduduk. Kota ini terletak dekat perbatasan Rusia dengan Ukraina.

Ekaterinburg

Dengan kapasitas 35.000 tempat duduk, Ekaterinburg Arena yang dibangun pada 1950an, telah mengalami perbaikan besar-besaran untuk menggelar empat pertadingan grup.

Terletak di lereng pegunungan Ural, di persimpangan antara Asia dan Eropa, Ekaterinburg adalah kota tuan rumah yang paling timur.

Samara

Stadion penyelenggara Piala Dunia di Samara akan menjadi tempat empat pertandingan. Satu pertandingan babak penyisihan 16 besar dan perempat final. Pejabat berwenang Rusia mengatakan bahwa pekerjaan konstruksi untuk stadion itu berjalan lambat

Samara, yang terletak 850 kilomenter tenggara Moscow, adalah pusat ekonomi dan transportasi di Sungai Volga.

Saransk

Empat pertandingan penyisihan akan diadakan di Stadion Saranks yang baru dibangun. Saransk adalah kota penyelenggara Piala Dunia Rusia yang terkecil

Terletak lebih dari 500 kilometer ke arah tenggara Moscow, Saransk adalah ibu kota wilayah Mordovia. | VOAINDONESIA.com

Leave a Reply