James Rodriguez menjadi pencetak gol terbanyak di Piala Dunia 2014 dengan torehan enam gol. (Foto: Henry Romero)
James Rodriguez menjadi pencetak gol terbanyak di Piala Dunia 2014 dengan torehan enam gol. (Foto: Henry Romero)

Pencetak Gol Terbanyak Piala Dunia

OLAHRAGA

Piala Dunia menjadi panggung para pemain untuk menunjukkan performa terbaiknya di lapangan. Salah satu pemain yang bakal mencuri perhatian di Piala Dunia adalah pemain yang menjadi pencetak gol terbanyak di turnamen tersebut.

Ada yang lebih dulu terkenal baru kemudian menyabet gelar pencetak gol terbanyak, namun ada pula yang sukses meraih sepatu emas Piala Dunia dan kemudian popularitasnya meroket.

Dilansir dari FIFA Archive, berikut kisah-kisah para pencetak gol terbanyak Piala Dunia sejak edisi pertama Piala Dunia 1930 hingga 2014.

1930 – Guillermo Stabile (Argentina)

Edisi Piala Dunia pertama yang digelar pada 1930 di Uruguay menjadi spesial bagi pemain Argentina, Guillermo Stabile. Delapan gol berhasil yang ia cetak dalam empat laga menjadikannya sebagai pencetak gol terbanyak Piala Dunia 1930.

BACA JUGA: Ini 7 Rekor yang Bisa Tercipta pada Piala Dunia 2018

Uniknya, partisipasi Stabile di Piala Dunia hanya berlangsung satu edisi di tahun 1930. Sebelum dan sesudahnya, Stabile tidak lagi memperkuat La Albiceleste di karier internasionalnya.

1934 – Oldrich Nejedly (Cekoslowakia)

Mencatatkan empat kali penampilan bersama timnas Cekoslowakia, Nejedly berhasil menyabet penghargaan Sepatu Emas Piala Dunia 1934 dengan raihan lima golnya. Hattrick Nejedly ke gawang Jerman pada semi final Piala Dunia 1934 membawa Cekoslowakia ke partai puncak bertemu dengan Italia. Nasib Nejedly mirip dengan Guillermo Stabile karena Cekoslowakia kalah dari Italia di partai puncak.

1938 – Leonidas da Silva (Brasil)

Memperkuat tim nasional Brasil di Piala Dunia 1938, Leonidas mencetak tujuh gol dalam empat penampilannya bersama Tim Samba yang membawa ia sebagai pencetak gol terbanyak Piala Dunia.

1950 – Ademir (Brazil)

Ademir Marques de Menezes, penyerang tim nasional Brasil itu membukukan namanya sebagai top skor Piala Dunia 1950 dengan raihan delapan gol. Ademir mencatatkan quattrick ketika Brasil mempermalukan Swedia 7-1 di fase grup.

Leave a Reply