Calon Gubernur Jawa Barat, Deddy Mizwar (tengah), menunjukkan jari berlumur tinta setelah mencoblos di TPS 61 Jatiwaringin, Bekasi, Rabu, 27 Juni 2018. Terdapat 17 provinsi, 39 kota, dan 115 kabupaten yang menyelenggarakan Pilkada 2018. (Foto: Tempo/Fakhri Hermansyah)
Calon Gubernur Jawa Barat, Deddy Mizwar (tengah), menunjukkan jari berlumur tinta setelah mencoblos di TPS 61 Jatiwaringin, Bekasi, Rabu, 27 Juni 2018. Terdapat 17 provinsi, 39 kota, dan 115 kabupaten yang menyelenggarakan Pilkada 2018. (Foto: Tempo/Fakhri Hermansyah)

5 Selebritas yang Ikut Pilkada 2018 Siapa Menang, Siapa Kalah?

Berlangsungnya Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada secara serentak pada 27 Juni 2018 melibatkan sekitar 567 pasangan calon pemimpin daerah yang digelar di 171 wilayah. Dari ratusan pasang calon, ada beberapa kandidat yang berasal dari kalangan artis yang ikut bersaing baik yang masih aktif maupun tidak.

Beberapa nama sudah tak asing berkecimpung di panggung politik. Beberapa nama lagi termasuk nama baru di dunia politik. Persaingan mereka di panggung Pilkada Serentak 2018 pun menuai hasil beragam berdasarkan penghitungan cepat. Meski belum ada pengumuman resmi dari Komisi Pemungutan Suara (KPU) beberapa nama disebut menang dan bakal menjadi pemimpin di daerah masing-masing.

Berikut daftarnya:

Deddy Mizwar

Aktor senior yang satu ini sudah lama terjun di panggung perpolitikan. Karier terakhirnya Deddy Mizwar adalah Wakil Gubernur Jawa Barat mendampingi Ahmad Heryawan periode 2013-2018. Sebagai aktor, Deddy Mizwar pernah membawa pulang banyak penghargaan dari Fesival Film Indonesia. Ia pernah menjadi Pemeran Pria Terbaik FFI tahun 1986, 1987, 1999, dan 2007.

Pada periode 2018-2022, Deddy Mizwar mencoba peruntungan mencalonkan diri menjadi gubernur, berpasangan dengan Bupati Purwakarta, Dedi Mulyadi.

Namun berdasarkan hasil hitung cepat beberapa lembaga, pasangan ini kalah. Berdasarkan quick count LSI Dany JA pasangan Deddy Mizwar – Dedi Mulyadi hanya mengantongi  26,89 persen. Sedangkan quick count lembaga survei Charta Politika yang menghimpun suara masuk 41 persen di Pilkada Jawa Barat, pasangan Deddy Mizwar – Dedi Mulyadi mendulang 25,2 persen suara.

Deddy Mizwar pun sudah menyatakan selamat kepada pasangan RIdwan Kamil- Uu yang menurut hitung cepat raih suara terbanyak. “Saya atas nama paslon Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi mengucapkan selamat atas terpilihnya paslon No.1 Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum sebagai pemimpin baru Jawa Barat yang akan memimpin kita ke depan periode 2018-2023,” tulis Deddy Mizwar di akun Instagramnya.

Ia pun sempat meminta maaf kepada masyarakat apabila ada hal kurang berkenan yang pernah ia lakukan. Ia pun berterima kasih kepada seluruh tim sukses di seluruh Jawa Barat baik dari unsur partai politik maupun relawan, dan simpatisan.

Leave a Reply