Ilustrasi. Menghitung uang. (Foto: Shutterstock)
Ilustrasi. Menghitung uang. (Foto: Shutterstock)

Uang Sering Jadi Sumber Konflik Pasangan, Apa Saja Sebabnya?

Anda merasa suka pada seseorang tetapi meragukan kemampuan finansialnya, apakah harus menolaknya? Mungkin saja pendapatan orang tersebut lebih dari cukup. Namun, yang harus menjadi perhatian adalah ketika mereka memiliki kebiasaan buruk dalam menata finansialnya.

Mungkin mereka boros atau terlalu gila investasi atau acuh terhadap rencana masa depan sehingga tidak punya cukup tabungan. Sementara di hati, Anda yakin ingin menikah dengan orang bukan karena materinya.

Dikutip dari The Balance, ada beberapa hal yang mesti diperhatikan oleh pasangan yang sudah mulai masuk ke jenjang yang lebih serius.

Pertama, lihat kemampuan pasangan dalam mengatur keuangan, apakah mereka orang yang menabung paling tidak 30 persen dari pendapatannya. Apakah mereka orang yang menyiapkan dana cair di tabungan untuk 6 bulan ke depan sebagai dana darurat atau apakah mereka hanya orang yang tidak peduli dengan tabungan pensiun.

Percayalah, indikator tersebut menunjukkan karakter kemampuan seseorang dalam mengatur keuangan. Kedua, survey menunjukkan bahwa finansial adalah faktor penting yang membentuk pernikahan. Menurut laporan CNBC, keuangan adalah penyebab utama stres dalam hubungan jangka panjang, dengan 35 persen responden mengatakan bahwa uang adalah sumber utama konflik dalam hubungan mereka.

Leave a Reply