Pemain Prancus Kylian Mbappe (kiri) meluapkan kegembiraan bersama rekannya Lucas Hernandez di pertandingan menghadapi Argentina di Kazan Arena, di Kazan, Rusia, Sabtu, 30 Juni 2018. (Foto: AP Photo/David Vincent)
Pemain Prancus Kylian Mbappe (kiri) meluapkan kegembiraan bersama rekannya Lucas Hernandez di pertandingan menghadapi Argentina di Kazan Arena, di Kazan, Rusia, Sabtu, 30 Juni 2018. (Foto: AP Photo/David Vincent)

Mbappe, Bintang Laga Prancis Vs Argentina

OLAHRAGA

Gelandang sayap Prancis Kylian Mbappe menjadi pemain terbaik di laga pembuka babak 16 besar Piala Dunia 2018 saat menghadapi Argentina, Sabtu, 30 Juni 2018. Laga kedua kesebelasan di stadion Kazan, Rusia, berakhir dengan skor 4-3.

Mbappe mencetak dua gol di laga tersebut. Yaitu pada menit ke-64 dan ke-68. Dua gol Les Blues lainnya diciptakan Antoine Griezman yang terjadi lewat sepak penalti pada menit ke-13. Satu gol lagi atas nama Benjamin Pavard yang terjadi di menit ke-57.

Laman FIFA mencatat, dua gol milik Mbappe ke gawang Argentina kali ini membuat gelandang 19 tahun tersebut sebagai salah satu pemain termuda yang mampu mencetak dua gol di satu laga Piala Dunia. Catatan terakhir pernah dibikin oleh pemain timnas Amerika Serikat (AS) Julian Green saat penyisihan Grup G di Piala Dunia Brasil 2014.

Sebelum Green, catatan pemain termuda tersebut lama menjadi milik Michael Owen. Striker timnas Inggris itu memegang rekor 16 tahun saat memperkuat Inggris di Piala Dunia 1998 di Prancis. Owen mencatatkan dua gol ketika berusia 19 tahun saat membela Inggris di babak 16 besar 20 tahun lalu.

Dua gol Owen ketika itu, juga saat menghadapi Argentina. Bedanya Owen tak mampu membawa Inggris menang dari Argentina. Sementara Mbappe berhasil membawa Prancis ke babak perempat final setelah membikin kandas Argentina.

Data dan fakta

Prancis meraih kemenangan 4-3 atas Argentina, pada pertandingan 16 besar di Kazan, Sabtu, 30 Juni 2018. Gol Prancis diciptakan Antoine Griezmann (13′), Benjamin Pavard (57′), dan Kylian Mbappe (64′, 68′). Sementara gol Argentina diciptakan Angel Di Maria (41′), Gabriel Mercado (48′), dan Sergio Aguero (90′).

Sepanjang pertandingan, Prancis menciptakan empat peluang emas dari sembilan usaha, dengan penguasaan bola 41 persen. Adapun Argentina melepaskan empat tembakan jitu dari sembilan percobaan.

Leave a Reply