Viktor Claesson dan Steven Zuber berduel di udara pada pertandingan Swedia vs Swiss dalam babak 16 besar Piala Dunia 2018 di St. Petersburg, 3 Juli 2018.
Viktor Claesson dan Steven Zuber berduel di udara pada pertandingan Swedia vs Swiss dalam babak 16 besar Piala Dunia 2018 di St. Petersburg, 3 Juli 2018.

Hasil Pertandingan dan Fakta Menarik Swedia Vs Swiss

Timnas Swedia memastikan tiket ke perempat final Piala Dunia 2018 dengan mengalahkan Swiss 1-0 di Stadion Saint-Petersburg, Rabu, 03 Juli 2018.

Gol kemenangan Swedia dicetak oleh Emil Forsberg pada menit ke-66.

Terkait kemenangan itu, Swedia mengulangi pencapaian Piala Dunia 1958 saat mereka bisa menang dua kali beruntun dalam Piala Dunia, yakni menang pada fase perempat final dan semifinal.

Sebelumnya, pada Piala Dunia tahun ini, sebelum mengalahkan Swiss, Swedia menang 3-0 atas Meksiko yang memastikan mereka menjadi juara Grup F dan memastikan langkah ke 16 besar.

Sementara itu, Emil Forsberg pun bisa “pecah telur’. Golnya ke gawang Swiss merupakan gol pertama Forsberg pada Piala Dunia, dengan usaha tembakan yang ke-14 pada Piala Dunia tahun ini.

2 – Swedia telah memenangi pertandingan Piala Dunia back-to-back untuk kali pertamanya sejak 1958, saat mereka menang pada perempat final dan semifinal sebelum menuju final sebagai negara tuan rumah pada tahun itu.

2 – Kelolosan Swedia ke perempat final menambah anggapan bahwa Swedia bisa tetap baik meski tak lagi diperkuat Zlatan Ibrahimovic.

Saat masih dibela Ibrahimovic pada dua edisi Piala Dunia (2002 dan 2006), Swedia berakhir di babak 16 besar. Adapun pada 2010 dan 2014, Swedia tak lolos ke putaran final.

3 – Swedia telah memenangi tiga pertandingan terakhir pada Piala Dunia 2018, sedangkan Swiss tidak pernah menang dalam tiga pertandingan terakhir.

14 – Emil Forsberg pun bisa “pecah telur’. Golnya ke gawang Swiss merupakan gol pertama Forsberg pada Piala Dunia, dengan usaha tembakan yang ke-14 pada Piala Dunia tahun ini.

50 – Ini menjadi pertandingan ke-50 Swedia di putaran final Piala Dunia, hanya Meksiko (57) yang telah bermain lebih banyak, tanpa pernah memenangi Piala Dunia. | BOLA I KOMPAS I OPTAJOE

Leave a Reply