Ilustasi. Nelayan.
Ilustasi. Nelayan.

BUMDes Palaes Berdayakan Nelayan

AIRMADIDI, publikreport.com – Hukum Tua (Kumtua) Desa Palaes, Kecamatan Likupang Barat, Kabupaten Minahasa Utara (Minut), Agus Djonst Sigar mengatakan, desa yang dipimpinnya berada di pesisir pantai. Sehingga  guna meningkatkan kesejahteraan nelayan di desanya, pihaknya melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) memberdayakan kelompok nelayan lewat bantuan.

“Sektor perikanan menjadi salah satu mata pencaharian masyarakat. Nah, ini harus ditopang pemerintah desa,” ungkap Agus kepada wartawan, Senin, 09 Juli 2018.

Topangan pemerintah desa lewat BUMDes, menurut Agus, adalah dengan memberdayakan kelompok nelayan melalui bantuan berupa perahu nelayan sepanjang 13 meter, jaring tangkap ikan dan motor temple 15 PK.

“Bantuan perahu ini bagi Kelompok Nelayan Sakao. Perahu ini sudah sementara pengerjaan di Arakan. Selain perahu, kami juga akan memberikan bantuan berupa jaring tangkap dan motor tempel 15 PK,” jelasnya.

BACA JUGA: Dengan DD Desa Batu Bangun Jalan

BACA JUGA: Jalan ke Desa Sampiri Memprihatinkan

BACA JUGA: Warga: Kumtua Jarang di Kantor

Sebelumnya, Agus mengungkapkan, kelompok nelayan ini telah mendapat pelatihan dari instansi terkait, sejak terbentuk pada 2017.

“Karena sudah mendapat pelatihan, selanjutkan kami berikan bantuan kebutuhan bagi mereka ketika melaut,” ujarnya.

Masyarakat dan Pemerintah Desa Palaes, Agus menambahkan, sangat mengharapkan adanya bantuan hibah dari Dinas Perikanan Kabupaten Minut.

“Bantuan dari pemerintah daerah juga sangat kami harapkan untuk meningkatkan kesejahteraan nelayan desa ini,” tambahnya. | VERONICA DSK

Leave a Reply