Rumah yang Didesain oleh Biro Arsitek McLaren Excell (Rumah123/Dezeen)
Rumah yang Didesain oleh Biro Arsitek McLaren Excell (Rumah123/Dezeen)

Menyatukan Bangunan Baru dengan Bangunan Lama? Bikin Aja Jadi Kontras

Kalau kamu memiliki bangunan lama, jangan dihancurkan. Kamu bisa memperluasnya dengan menambahkan bangunan baru.

Sebuah rumah bergaya jadul bisa diselaraskan dengan rumah berdesain kekinian kok. Seperti halnya yang diperlihatkan sebuah rumah di Inggris.

Sebuah rumah bergaya Victoria di ibu kota Inggris, London ini diperluas. Bangunan lama memiliki eksterior gelap dengan batu bata ekspos berwarna gelap.

Sementara bagian baru yang dibangun memiliki eksterior yang lebih terang dengan batu bata ekspos berwarna putih. Selain itu, masih ada pemasangan material kaca berukuran besar pada dinding dan juga skylight.

“Kesederhanaan dari eksterior terlihat dari kompleksnya struktur yang muncul, keterkaitan atap dan bentuk dinding, semuanya bisa mengatasi meski tidak menjadi kompromi dari bentuk yang sederhana,” ujar biro arsitek McLaren Excell seperti dikutip oleh laman desain dan arsitektur Dezeen.

Biro arsitek McLaren Excell yang berkantor pusat di London, Inggris ini mendapatkan klien yang menginginkan adanya penambahan ruangan dalam rumah plus menjadikan rumah menjadi lebih terbuka dan memiliki interior yang terhubung.

McLaren Excell mendesain interior yang simpel dengan mengaplikasikan dinding dari material kayu, lantai dari beton ekspos, serta aplikasi cat warna putih pada langit-langit.

Kombinasi material kayu berwarna coklat pada dinding, lantai beton ekspos berwarna abu-abu, serta langit-langit bercat putih ini mendominasi seluruh bangunan baru dan juga rumah lama.

Nah, kalau kamu memiliki rumah lama dari orang  tua atau kakek nenek, kamu nggak perlu merubuhkannya kalau ingin memperluas hunian. Tambahkan saja bangunan baru untuk membuat rumah semakin lega.

Bangunan baru dan bangunan lama bisa saja terlihat kontras, namun selaras. Selain itu, kamu bisa mendesain ulang interior sehingga rumah pun terlihat lebih kekinian.  | UMAH123.com

Leave a Reply