Kendaraan hias (Float) Kota Tomohon pada Tomohon International Flower Festival (TIFF).
Kendaraan hias (Float) Kota Tomohon pada Tomohon International Flower Festival (TIFF).

Beautiful Tomohon

Main event Tomohon International Flower Festival (TIFF) 2018 telah digelar Rabu, 08 Agustus, yakni Tournament of Flowers (ToF) serta Tomohon Flowers Carnaval (TFF). TIFF yang mengusung tema ‘Beautiful Tomohon’ ini cukup menghibur masyarakat Kota Tomohon yang memang ‘haus’ hiburan.

Pantauan publikreport.com, masyarakat berbondong-bondong datang ke pusat kota untuk menyaksikan iven yang dikatakan bertaraf international. Sayangnya informasi yang diterima masyarakat kurang, sebab iring-iringan float (kendaraan hias) ToF dan pemuda dan pemudi peserta TFF dengan beragam atraksi marching band, kawasaran dan lain-lain nanti dimulai pada pukul 14.00 WITA lebih. Float ToF ini didesain di hanggar yang bertempat di bilangan SMA St Nikolaus Lokon Kakaskasen II. Namun, iring-iringan ToF sekaligus TFF mengambil start dari kawasan Rindam Kakaskasen, melintasi jalan utama Tomohon dan finish di Stadion Parasamya Walian, Kecamatan Tomohon Selatan.

“Adoh (aduh) nanti siang kote (dimulai), mar (tapi) jalan so ditutup. Mo ba uni (mau nonton) dari muka (depan) pertokoan tidak bisa karena sudah terhalang tenda-tenda bagi tamu yang disediakan panitia,” ungkap beberapa warga.

TIFF 2018, Petani Menjerit

32 float peserta ToF saat melintasi jalan protokol Tomohon sedikit menghibur warga yang berkerumun dipinggir jalan. Kendati banyak yang tidak bisa menikmati karena terhalang tenda-tenda dan pagar pembatas di area seputaran panggung utama. Kendati demikian warga berlomba mengabadikan setiap momen dengan kamera (menggunakan smartphone maupun kamera video atau kamera DSLR).

“Sama jo deng taon-taon (sama saja dengan tahun-tahun) lalu. Ada float (kendaraan hias) yang dihias bagus, namun ada pula yang terkesan ala kadarnya. Mudah-mudahan tahun berikut iven ini lebih baik dan menarik lagi,” kata satu, dua orang warga yang menonton ToF sekaligus TFF dari depan Rumah Sakit Umum (RSU Bethesda Tomohon.

Bangkitkan Rasa Memiliki Kota Tomohon

Leave a Reply