Stefy E Tanor, Ketua Umum Investasi UMKM Indonesia/salah satu pejuang pembentukan Kota Otonom Tomohon.
Stefy E Tanor, Ketua Umum Investasi UMKM Indonesia/salah satu pejuang pembentukan Kota Otonom Tomohon.

TIFF Antara Seremonial dan Substansial

TOMOHON, PUBLIKREPORTcom – Sebagai orang Tomohon, Stefy E Tanor menegaskan, harus merasa bangga atas iven TIFF (Tomohon International Flower Festival). Iniasiasi iven ini sudah sejak awal Tomohon menjadi Kota Otonom. Apalagi TIFF sudah menjadi agenda rutin tahunan Kementerian Pariwisata (Kemenpar) dan Pemerintah Kota Tomohon. Peluang-peluang harus ditangkap daerah destinasi wisata pelaksana iven.

“Sebagai warga Tomohon, kami bangga dengan Walikota Epe (Jefferson SM Rumajar, red) yang sudah dengan susah payah menggagas iven ini. Ide awal begitu baik, seiring berjalannya waktu, lama-kelamaan kegiatan ini menjadi tidak lebih dari kegiatan seremonial, yakni kegiatan yang diulang-ulang dengan maksud mempengaruhi pengunjung/wisatawan baik lokal maupun asing. Hal ini baik, sepanjang nilai-nilai substansial tetap dapat,” papar Stefy E Tanor yang merupakan salah satu pejuang pembentukan Kota Otonom Tomohon kepada publikreport.com, Minggu, 12 Agustus 2018.

Kini, Stefy melanjutkan, substansi dari TIFF apa? Harusnya pertumbuhan ekonomi pariwisata Kota Tomohon, baik petani bunga, pedagang, pengusaha hotel, restoran, pedagang souvenir dan masih banyak lagi.

“Kegiatan seremonial harus berbebas pada nilai-nilai substansial. Jika tidak dapat menyentuh substansinya, maka ini adalah kegiatan rutin yang tidak menyentuh kebutuhan rakyat. Terkesan tidak menambah makna dan nilai guna,” jelas Stefy yang juga adalah Ketua Umum Investasi UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) Indonesia.

TIFF, Ketua Umum Investasi UMKM: Stop Kegiatan Seremonial

Tujuan TIFF, Stefy memaparkan, pastilah adalah untuk menarik wisatawan, memberikan kepuasan, kesenangan, pengalaman yang menarik bagi pengunjung dengan menonjolkan keistimewaan alami lingkungan Kota Tomohon. Atau secara umum, TIFF adalah  sebagai pemberi citra destinasi wisata Tomohon. (sebagai image maker).

Bangkitkan Rasa Memiliki Kota Tomohon

Leave a Reply