Iriana Jokowi mengenakan busana adat asal Minangkabau. (Foto: biroperssetpres/Laily Rachev)
Iriana Jokowi mengenakan busana adat asal Minangkabau. (Foto: biroperssetpres/Laily Rachev)

Sentuhan Keemasan di Busana Minangkabau Iriana Jokowi

Iriana Jokowi tampil mengenakan busana adat khas Minangkabau dalam upacara 17 Agustus di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis 17 Agustus 2018. Namun ia memodifikasi busana yang khas dengan suntiang maupun tengkuluk, penutup kepala berbentuk menyerupai atap rumah gadang itu.

Iriana menggantinya dengan penutup kepala berbentuk kerudung berwarna biru dongker.

Kerudung itu dihiasi benang sulam berwarna emas di bagian tepinya. Di tengah kerudung juga terdapat motif yang disulam dengan benang emas. Sebagai pemanis, Iriana juga mengenakan hiasan ikat kepala dengan perhiasan menjuntai di dahinya, pun berwarna emas.

Penutup kepala yang dikenakan Iriana itu merupakan modifikasi modern busana adat Minangkabau untuk mereka yang berhijab. Ada yang mengenakan hijab lalu ditambah tengkuluk atau suntiang, ada pula yang menggantinya dengan kerudung seperti Iriana.

Nuansa emas masih mendominasi baju batabue atau baju kurung yang ia kenakan. Baju kurung biasa memang biasanya bercorak emas. Konon, itu merupakan lambang kekayaan alam Sumatera Barat yang berlimpah. Warna itu semakin mencolok saat Iriana memadukannya dengan biru.

Baju kurung biru dongker Iriana diberi aksen emas di bagian bawah, ujung lengan dan leher. Corak di leher itu biasa disebut minsie, yang ternyata adalah simbol tertentu.

Leave a Reply