Ilustrasi.
Ilustrasi.

12 Cara Membuat Rumah Lebih Ramah Lingkungan

Eco-house atau rumah ramah lingkungan merupakan salah satu cara untuk ikut andil menjaga lingkungan kehidupan. Mendesain eco-house sudah menjadi ketentuan umum ketika berencana membangun rumah. Eco-house berarti mendesain rumah dari segala aspek baik luar maupun dalamnya yang dalam operasi, konstruksi, hingga memaintance rumah tidak akan berdampak buruk bagi lingkungannya.

Beberapa hal yang terkait dalam eco-house adalah bangunan yang sustainable dari segi ketahanan, ekonomi, kebutuhan, serta kenyamanan dalam rumah.

Metode dari rumah ini adalah membuat rumah yang dapat menyimpan energi untuk membuat lingkungan lebih asri.

Dengan kondisi lingkungan sekarang, para arsitek professional pun menerapkan desain eco-house karena hal tersebut adalah tanggung jawab mereka, dimana mereka harus membangun rumah yang tidak merusak lingkungan.

Penggunaan material yang baik untuk lingkungan akan menghemat biaya pengeluaran. Eco-house juga membuat rumah lebih nyaman dengan desain yang tetap memperhitungkan estetikanya. Berikut adalah cara mendesain rumah yang ramah lingkungan (eco-house).

  1. Lokasi dan Keadaan Site

Ketika akan membeli sebuah tanah untuk membangun rumah, kamu perlu melihat keadaan sekitar lokasi yang sudah dipilih. Perhatikan bentuk lahan sehingga sudah terbayang orientasi bangunan nantinya. Pertimbangkan pula akses menuju rumah seperti transportasi umum dan jarak rumah ke area umum lainnya seperti pasar atau halte.

  1. Orientasi bangunan

Setelah memilih lokasi, rumah tentunya harus memiliki orientasi bangunan yang menghindari banyak bukaan di arah barat dan timur.

Iklim di lokasi juga akan mempengaruhi bentuk bangunan seperti misalnya tempat dengan iklim yang panas memerlukaan bukaan jendela yang besar di sisi utara bangunan. Lalu pada bagian selatan didesain jendela yang lebih kecil beserta dengan shadingnya seperti kanopi atau tritisan untuk menghindari masuknya sinar matahari langsung ke rumah.

Sedangkan untuk iklim yang lebih dingin diterapkan desain yang berkebalikan dari iklim panas. Dengan memahami orientasi rumah maka akan membuat rumah menjadi lebih nyaman.

  1. Penggunaan material

Material menjadi salah satu pokok utama dalam mendesain eco-house. Pasalnya banyak yang dapat dilakukan dengan memilih material yang tepat untuk rumah.

Leave a Reply