Soekowardojo, Kepala Bank Indonesia Perwakilan Sulut. (Foto: Antara)
Soekowardojo, Kepala Bank Indonesia Perwakilan Sulut. (Foto: Antara)

BI: Ekspor, Kontributor Tertinggi Pertumbuhan Ekonomi Sulut

EKONOMI & BISNIS

MANADO, publikreport.com – Kepala Kantor Bank Indonesia (BI) Perwakilan Sulawesi Utara (Sulut), Soekowardojo mengatakan kegiatan ekspor barang dan jasa menyumbang 3,14 persen pada pertumbuhan ekonomi Sulut. Selain ekspor, pertumbuhan ekonomi daerah ini juga didorong tingginya konsumsi pemerintah dan konsumsi lembaga nonprofit rumah tangga (LNPRT).

“Kinerja ekspor barang dan jasa tersebut tercatat sebagai kontributor tertinggi pertumbuhan ekonomi Sulut yang pada triwulan II tahun dibanding triwulan I tahun 2018 (qtoq) tercatat sebesar 6,23 persen,” kata Soekowardojo, Kamis, 23 Agustus 2018.

Ekspor non migas seperti minyak nabati, makanan olahan dan lainnya juga tercatat mengalami peningkatan sebesar 30.49 persen.

Konsumsi pemerintah tumbuh sebesar 10.73 persen (yoy) dengan kontribusi terhadap pertumbuhan sebesar 1.82 persen yang disebabkan adanya peningkatan belanja barang dan jasa.

Selain itu, Soekowardojo menjelaskan, konsumsi LNPRT juga meningkat sebesar 10,78 persen dengan kontribusi terhadap pertumbuhan sebesar 0,22 persen.

Leave a Reply