Yohana Yembise, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI
Yohana Yembise, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI

Lindungi Anak-anak dari HIV/AIDS

GORONTALO, publikreport.com – Forum Anak Kota Gorontalo menyerukan sejumlah hal, antaranya komitmen untuk menjadi generasi emas yang bebas HIV/AIDS (Human Immunodeficiency Virus/Acquired Immunodeficiency Syndrome), penyediaan akta lahir, fasilitas bagi anak berkebutuhan khusus, perlindungan bagi anak berhadapan dengan hukum, pencegahan kekerasan dan eksploitasi anak, baik di sekolah maupun media sosial.

Seruan ini disampaikan ‘Suara Anak’ pada Kampanye Bersama Lindungi Anak ‘Kilau Generasi HIV/AIDS’ pada peringatan Hari Anak Nasional tingkat Kota Gorontalo dan peluncuran Provinsi Gorontalo menuju Provinsi Layak Anak (Provila) yang dihadiri Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (MenPPPA), Yohana Yembise, Rabu, 29  Agustus 2018.

Kampanye bersama dilakukan untuk melindungi anak-anak dari bahaya HIV/AIDS. HIV/AIDS merupakan masalah besar, yang tidak hanya menjadi masalah kesehatan pribadi tetapi lebih luas menjadi masalah nasional bahkan internasional.

“Jumlah penderita HIV/AIDS dari tahun ke tahun selalu bertambah, tidak hanya pada orang dewasa namun juga pada usia anak,” kata Yohana.

BACA JUGA: Ajarkan Anak Pencegahan HIV/AIDS Sejak Dini

AIDS adalah kondisi yang timbul karena rusaknya sistem pertahanan tubuh akibat virus HIV. Per Juni 2016, Yohana mengungkapkan, berdasarkan data Ditjen P2P Kementerian Kesehatan (Kemenkes) tercatat ada 208.920 penderita HIV di Indonesia.

Pengidap HIV/AIDS banyak terdapat pada usia produktif antara 20-30 tahun.

BACA JUGA: PBB: Tiap 3 Menit, 1 Remaja Putri Tertular HIV

Leave a Reply