Dedy, seorang nelayan tradisional penangkap gurita di perairan Pulau Siau, Kabupaten Kepulauan Sitaro (Siau Tagulandang Biaro), Provinsi Sulut. (Foto: Anton Wisuda/Mongabay Indonesia)
Dedy, seorang nelayan tradisional penangkap gurita di perairan Pulau Siau, Kabupaten Kepulauan Sitaro (Siau Tagulandang Biaro), Provinsi Sulut. (Foto: Anton Wisuda/Mongabay Indonesia)

Asyiknya Melihat Nelayan Berburu Gurita di Siau

Matahari baru saja menunjukan wajahnya pagi ini, tetapi Dedy, sudah sibuk mempersiapkan peralatannya untuk berburu gurita. Mulai dari kacamata selam tradisional dari kayu, sampai dengan 3 bilah bambu dan besi yang menjadi alat untuk mengeluarkan si hewan cephalopoda dari lubangnya.

Dedy (24), nelayan pulau Siau, Kabupaten Kepulauan Sitaro (Siau Tagulandang Biaro), Provinsi Sulawesi Utara (Sulut)  ini, hampir setiap hari ketika musim gurita datang, memancing gurita bersama dengan teman-temannya.

Gurita, dengan sebutan setempatnya boboca, termasuk hewan laut yang cerdas dan unik. Gurita mempunyai sistem saraf yang sangat kompleks dengan sebagian saja yang terlokalisir di bagian otak. Dua pertiga dari sel saraf terdapat pada tali saraf yang ada di kedelapan lengan gurita. Lengan gurita pun bisa melakukan berbagai jenis gerakan refleks yang rumit, dipicu oleh 3 tahapan sistem saraf yang berbeda-beda. Bahkan beberapa jenis gurita seperti gurita mimic bisa menggerakkan lengan-lengannya untuk meniru gerakan hewan laut yang lain.

Menyemburkan tinta untuk mengelabuhi serta melarikan diri dari para predatornya juga merupakan bentuk pertahanan dirinya. Tubuh boboca yang sangat fleksibel memungkinkannya untuk menyelipkan dirinya diantara celah batuan yang sangat sempit di dasar laut, terutama sewaktu melarikan diri dari ikan pemangsanya. Tetapi, gurita yang kurang dikenal orang dari subordo Cirrata memiliki dua buah sirip dan cangkang dalam sehingga kemampuan untuk menyelip ke dalam ruangan sempit menjadi berkurang.

Gurita bukanlah termasuk dalam hewan yang dilindungi, ini karena jumlahnya yang masih cukup banyak di lautan luas.

Leave a Reply