You are currently viewing Apa Itu Asian Para Games

Apa Itu Asian Para Games

OLAHRAGA

JAKARTA, publikreport.com – Asian Para Games yang juga dikenal dengan Pesta Olahraga Atlet Disabilitas Asia, pada 06-13 Oktober 2018, Indonesia akan menjadi tuan rumah pelaksanaan yang ketiga. Asian Para Games merupakan arena olahraga bagi atlet disabilitas se-Asia. Cikal bakal Asian Para Games dimulai dari ajang FESPIC Games (Far East and South Pacific Games for the Disabled), sebuah multisporting event bagi atlet disabilitas.

Tujuan FESPIC Games untuk meningkatkan kesejahteraan penyandang disabilitas melalui partisipasi dalam ajang olahraga. Selain itu juga untuk memperdalam nilai pengertian dan persahabatan antar-penyandang disabilitas serta mendukung rehabilitasi bagi penyandang disabilitas melalui aktivitas olahraga.

BACA JUGA: 06-13 Oktober, Asian Para Games 2018

BACA JUGA: Jakarta dan Jabar Tuan Rumah Asian Para Games 2018

Ajang ini telah berlangsung sembilan edisi. Jepang menjadi tuan rumah FESPIC Games pertama yang digelar di Oita pada 1975. Sedangkan Malaysia menjadi tuan rumah penyelenggara FESPIC Games yang terakhir pada 2006. Indonesia juga pernah menjadi tuan rumah FESPIC Games IV dengan Surakarta sebagai kota penyelenggara pada 1986.

Setelah FESPIC Games dan FESPIC Committee dihapus pada 2006, Asian Paralympic Committee mengambil alih tanggung jawab organisasi dengan menggelar Asian Para Games. Penyelenggaraan pesta olahraga untuk atlet disabilitas ini kemudian disepakati empat tahun sekali dan menjadi satu rangkaian dengan penyelenggaraan Asian Games.

BACA JUGA: Asian Para Games: Jokowi: Bonus Tetap Sama (dengan Asian Games)

Negara tuan rumah Asian Games sekaligus menjadi penyelenggara Asian Para Games. Sementara untuk waktu pelaksanaannya digelar setelah penyelenggaraan Asian Games.

Leave a Reply