Petrus Macarau, Kepala Dinas TEnaga Kerja Kabupaten Minahasa Utara.
Petrus Macarau, Kepala Dinas TEnaga Kerja Kabupaten Minahasa Utara.

Ratusan Koperasi di Minut Dapat Peringatan Keras

AIRMADIDI, publikreport.com – Dinas Tenaga Kerja (Dinaker) Kabupaten Minahasa Utara (Minut) memberikan peringatan keras kepada 265 koperasi yang beroperasi di daerah itu. Warning dikeluarkan agar ratusan koperasi itu segera melaksanakan RAT (Rapat Anggota Tahunan).

“RAT merupakan kewajiban pengurus koperasi sebagai pelaksana Undang-Undang (UU) dan Anggaran Dasar (AD) koperasi masing-masing,” tegas Kepala Dinaker Minut, Petrus Macarau, Rabu, 19 September 2018.

Pelaksanaan RAT dengan tepat waktu, menurut Petrus, merupakan tolak ukur penilaian kinerja pengurus yang merupakan amanat rapat anggota dalam mengelola koperasi.

“Kami sudah sampaikan ke koperasi yang aktif agar segera melaksanakan RAT. Kita pantau perkembangannya. Ini penting untuk melihat sejauh mana perkembangan usahanya,” ujarnya.

BACA JUGA: Koperasi di Sulut Sebanyak 4.000

BACA JUGA: Status Hukum Yayasan Sebelum Berlakunya UU Yayasan

Penyelengggaraan RAT, Petrus menjelaskan, diatur berdasarkan UU Nomor 25 Tahun 1992 tentang Perkoperasian dan Peraturan Menteri (Permen) Koperasi dan UKM (Usaha Kecil Menengah) Nomor 19/PER/M.KUKM/IX/2015 tentang Penyelenggaraan RAT.

“RAT merupakan kekuasaan tertinggi dalam koperasi, baik untuk menetapkan kebijakan umum maupun dalam menetapkan rencana kerja dan rencana anggaran pendapatan dan belanja koperasi,” jelasnya.

RAT, Petrus melanjutkan, paling lambat dilaksanakan dua tahun. Jika tidak dilaksanakan, maka koperasi tersebut siap dibekukan pemerintah.

“Ini sudah akan habis tahun dan diharapkan koperasi melakukan RAT. Jika tidak, siap-siap koperasi itu dibekukan,” tambahnya. | CHRISTIAN G

Leave a Reply