Edwin Silangen, Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Utara.
Edwin Silangen, Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Utara.

Si Obet, Show Window Pelayanan Publik Sulut

MANADO, publikreport.com – Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) menciptakan Si Obet. Siapa dan apa Si Obet ini? Si Obet ternyata merupakan aplikasi untuk pelayanan publik, dengan nama lengkap Sistem Online Berbasi Elektronik Terpadu. Kamis, 27 September 2018, Si Obet diluncurkan oleh Sekretaris Daerah Provinsi Sulut, Edwin Silangen melalui Rapat Koordinasi (Rakor) dan Supervisi Penyelenggaraan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) se-Indonesia di Hotel Aryaduta, Manado.

“PTSP Sulut melalui Si Obet yang menjadi show window citra Pemerintah Provinsi Sulut dalam menyelenggarakan pelayanan publik, teristimewa masyarakat yang mengurus perijinan,” ujarnya.

Sebagai bagian dari citra pemerintah, Edwin menegaskan, sistem maupun ASN (Aparatus Sipil Negara) yang mengelola PTSP akan selalu dimonitor Gubernur Sulut. ASN yang ditugaskan harus merupakan orang-orang yang berkarakter dan berintegritas.

“Hal ini juga menjadi bagian dari supervisi teman-teman dari Kemendagri (Kementerian Dalam Negeri). Bilamana ada hal-hal yang perlu dibenahi oleh PTSP dalam penyelenggaraan pelayanan perijinan, kami akan tindak lanjuti,” ungkapnya.

Berdasarkan peraturan pemerintah, Edwin menjelaskan, untuk kewenangan nasional semua di integrasikan di dalam Online Single Submission (OSS). Sehingga semua daerah melakukan penyesuaian terhadap peraturan/kebijakan penyelenggaraan perijinan secara nasional.

“PTSP dengan aplikasi yang modern pada era industri 4.0 saat ini, maka masyarakat tidak mengalami kendala-kendala lagi untuk mengurus proses perijinan. Kalau bisa dipercepat mengapa kita perlambat,” tegasnya.

BACA JUGA: Pelayanan Publik, Adakah Perubahan Paradigma?

BACA JUGA: MenPANRB: Jangan Takut, Adukan Pelayanan Publik Kurang Baik

Leave a Reply