Ilustrasi.
Ilustrasi.

Air Elemen Terpenting Makhluk Hidup

MANADO, publikreport.com – Air merupakan elemen yang terpenting bagi mahluk hidup baik hewan, tumbuhan dan manusia. Semuanya membutuhkan air untuk metabolisme dalam tubuh. Karena hampir 3/4 dari tubuh manusia adalah air. Air juga penting dalam kelestarian alam dan lingkungan beserta isinya.

Hal ini dikatakan Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setdaprov Sulawesi Utara (Sulut), M Ruddy Mokoginta pada peringatan Hari Habitat dan Hari Kota se-Dunia di Manado, Senin, 01 Oktober 2018.

“Apabila tidak seimbang air dengan keberadaan alam, maka tidak akan tercipta keselarasan,” tegas Ruddy.

Sulawesi Utara, Ruddy menjelaskan, dikategorikan atau tergolong daerah rentang bencana banjir yang diakibatkan besarnya air yang dikirim dari dataran lebih tinggi disertai tidak lancarnya aliran dibeberapa sungai.

Terkait dengan itu, seiring pesatnya pertumbuhan penduduk, tidak dapat di pungkiri lagi akan berpengaruh pada kondisi Daerah Aliran Sungai (DAS), semakin hari semakin tercemar yang kemudian menuntut tindakan nyata dari komponen masyarakat untuk melakukan upaya sederhana berupa tidak membuang sampah di sungai, melakukan reboisasi di sekitar sungai dan secara rutin atau berkala gotong royong, mengendalikan pencemaran air sungai dan membersihkan sungai dari sampah.

“Mari bersama-sama membersihkan sungai dan sampah guna menjamin kelestarian sumber daya air secara berkelanjutan dalam menopang kelangsungan hidup manusia dan mengurangi resiko bencana banjir di bumi nyiur melambai, serta demi kelangsungan pembangunan daerah,” paparnya.

Leave a Reply