You are currently viewing Asian Para Games: Kisah Inspiratif Atlit Nina Gusmita

Asian Para Games: Kisah Inspiratif Atlit Nina Gusmita

OLAHRAGA

JAKARTA, publikreport.com – Nina Gusmita merupakan atlet tim voli duduk atau voli paralimpik putri Indonesia yang akan bertanding pada Asian Para Games 2018 di Jakarta, 06-13 Oktober 2018 mendatang. Dalam dua tahun terakhir, perempuan asal Medan, Sumatera Utara (Sumut) ini fokus mendalami olahraga voli paralimpik.

Ada kisah inspiratif yang mengiringi perjalanan karier Nina hingga masuk Tim Nasional (Timnas) Voli Paralimpik untuk Asian Para Games 2018. Menjadi atlet voli memang sudah menjadi cita-cita Nina sejak kecil. Dia tekun berlatih hingga menjadi atlet voli junior putri.

Cita-citanya untuk terus berkarier menjadi atlet voli hampir saja kandas saat dirinya mengalami kecelakaan pada tahun 2016 atau dua tahun selam. Kecelakaan itu terjadi seusai dirinya berlatih voli.

Di tengah perjalanan, Nina terjatuh setelah sepeda motor yang dikendarainya bersenggolan dengan kendaraan lain. Di saat bersamaan, ada sebuah truk melintas sehingga dirinya tidak sempat menghindar.

Kecelakaan itu menyebabkan Nina harus menjalani perawatan di rumah sakit sekitar 1,5 bulan dan kehilangan sebagian kaki kanannya karena diamputasi. Namun Nina tidak larut dalam kesedihan berkepanjangan.

Meski memiliki keterbatasan fisik, Nina tidak ingin berhenti mewujudkan cita-citanya menjadi atlet voli. Harapan kembali datang ketika seorang atlet senior menjenguk dirinya di rumah sakit dan mengajak Mita bergabung dengan timnas voli paralimpik Indonesia.

Nina akhirnya menjadi bagian tim voli paralimpik  Indonesia yang akan bertanding di pesta olahraga difabel se-Asia. Saat ini dia tengah menjalani pelatihan di Pemusatan Latihan Nasional (Pelatnas) di Kota Solo, Jawa Tengah. | DORANG

Leave a Reply