Posko Gerakan Melindungi Hak Pilih (GMHP) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Minahasa Utara (Minut) di depan Terminal Airmadidi.
Posko Gerakan Melindungi Hak Pilih (GMHP) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Minahasa Utara (Minut) di depan Terminal Airmadidi.

Belum Masuk DPT, Silahkan Datangi Posko Ini

POLITIK

AIRMADIDI, publikreport.com – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Minahasa Utara (Minut), Stella Runtu mengimbau masyarakat yang belum masuk dalam daftar pemilih potensial, silahkan mendatangi Posko Gerakan Melindungi  Hak Pilih (GMHP). Pembukaan posko ini, menurutnya dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia.

“Posko ini bagi pemilih potensial yang belum masuk DPT (Daftar Pemilih Tetap),” jelasnya.

Posko GMHP ini, Stella mengatkan, ada ditingkatan PPS (Panitia Pemungutan Suara), PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan) hingga KPU.

“Tanggal 01-03 Oktober 2018, KPU Minut membuka Posko GMHP di depan Terminal Airmadidi. Tanggal 26 Oktober 2018 dibuka di Kantor KPU Minut,” ungkapnya.

Ketua Divisi Perencanaan, Data dan Sumber Daya Manusia (SDM) KPU Minut, Hendra Lumanauw menjelaskan, melalui Posko GMHP, KPU memberi ruang pendaftaran bagi pemilih potensial di atas 17 tahun atau yang sudah menikah atau juga anggota TNI/Polri yang alih status karena baru saja pensiun.

“Ini kesepakaktan bersama dengan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Partai Politik (Parpol) dan pemerintah. Mengingat masih ada pemilih yang belum masuk dalam DPT,” katanya.

Pemilih potensial, Hendra mengajak, silakan mendaftar di posko dengan syarat memiliki KTP elektronik atau minimal Surat Keterangan (Suket) resmi yang dikeluarkan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dindukcapil).

Selain itu Hendra melanjutkan, posko juga menerima laporan masyarakat terkait masih adanya daftar pemilih yang tidak memenuhi syarat, semisal meninggal dunia, belum 17 tahun, pemilih ganda atau bukan domisili, tapi masih masuk dalam daftar pemilih. | CHRISTIAN G

Leave a Reply