dr Rina Widayati MKes, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Minahasa Utara.
dr Rina Widayati MKes, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Minahasa Utara.

Minut Perpanjang Imunisasi MR Hingga Akhir Oktober

AIRMADIDI, publikreport.com – Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Minahasa Utara (Minut), dr Rina Widayati MKes menyatakan pihaknya telah memperpanjang program imuniasi measles rubella (MR) hingga akhir Oktober 2018. Perpanjangan ini berdasarkan petunjuk Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI.

“Petunjuk Kemenkes, imunisasi MR di luar Pulau Jawa harus diperpanjang,” kata Rina, Selasa, 02 Oktober 2018.

Perpanjangan waktu imunisasi, menurut Rina, karena banyak daerah yang belum memenuhi capaian sasaran imunisasi bagi anak-anak yang berusia 09-15 tahun. Kendati Minut sudah mencapai 95 persen atau sudah 48.676 anak yang diimunisasi.

“Sisa lima persen. Karena anak-anak sasaran sedang mengalami sakit, tak berada di tempat atau sedang berada di luar daerah saat akan diimunisasi. Selain itu ada keberatan dari beberapa umat muslim yang anaknya diimunisasi dengan alasan bahan imunisasi tidak halal. Namun kamio telah berkoordinasi dengan pihak kecamatan, hukum tua, tokoh agama khususnya tokoh agama Islam untuk mensosialisasikan kalau imunisasi bisa dilakukan,” ungkapnya.

“Fatwa MUI (Majelis Ulama Indonesia) juga sudah mensosialisasikan yang membolehkan imunisasi dilakukan dengan alasan-alasan tertentu,” sambungnya.

Selain itu, Rina mengungkapkan, ada juga ketua yayasan yang menolak anak didik diimunisasi. Namun anak-anak tersebut akhirnya bisa diimunisasi di luar jam sekolah setelah orangtua mereka diberi pemahaman tentang imunisasi.

“Selama pelaksanaan imunisasi di Minut tak ada kejadian luar biasa untuk Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi atau KIPI,” ujarnya. | CHRISTIAN G

Leave a Reply