Sosialisasi pengadan tanah bagi pembangunan untuk kepentingan umum di aula AAB Guest House, Senin, 08 Oktober 2018.
Sosialisasi pengadan tanah bagi pembangunan untuk kepentingan umum di aula AAB Guest House, Senin, 08 Oktober 2018.

Hadiri Sosialisasi, Walikota: Pemda Menyediakan Biaya Operasional dan Biaya Pendukung

TOMOHON, PUBLIKREPORTcom – Walikota Tomohon, Jimmy Feidie Eman, Senin, 08 Oktober 2018, menghadiri dan membuka sosialisasi pengadan tanah bagi pembangunan untuk kepentingan umum di aula AAB Guest House.

“Harapan saya, kegiatan ini dapat memberikan pemahaman pada pemerintah daerah (pemda) dalam menyediakan biaya operasional dan biaya pendukung agar dikelola secara tertib, taat pada peraturan perundang-undangan, efektif, efesien, ekonomis, transparan dan akuntabel,” kata Jimmy.

Sebelumnya, Jimmy mengatakan, terkait dengan pengadan tanah bagi pembangunan kepentingan umum telah diatur dalam Undang-Undang (UU) Nomor 2 Tahun 2012.

“Hal utama yang harus dipahami adalah tahapan di dalam proses pengadaan tanah, dalam hal ini sebagaimana amanat dalam UU Nomor 2/2012. Terdapat empat tahapan yang harus dilalui pemerintah daerah, meliputi perencanaan, persiapan, pelaksanaan dan penyerahan hasil,” katanya.

Tampil sebagai narasumber dalam sosialisasi ini, Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) BPN (Badan Pertanahan Nasional) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Freddy Kolintama, Kajari Tomohon diwakili Kepala Seksi (Kasi) Tindak Pidana dan Tata Usaha Negara, Yosi Korompis, BPKP (Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan) Sulut, Johanes Tukija dan Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Kota Tomohon, Gerardus ‘Herry’ Mogi. | TOMMY WAHANI

Leave a Reply