Ilustrasi. (Foto: pinterest)
Ilustrasi. (Foto: pinterest)

Suka Berkebun? Yuk, Buat Taman Rumah Mini!

Suka dengan tanaman dan bunga-bunga di taman dan memimpikan punya taman dalam rumah milikmu sendiri? Taman dalam rumah bisa memberikan sentuhan indah secara instan ke penampilan rumahmu menjadi tampak segar dan bersemangat.

Bukan cuma dari segi estetik, taman rumah juga baik untuk sirkulasi oksigen dalam rumah lho! Ingin tahu apa yang harus diperhatikan saat membuat taman berukuran mini di rumah? Yuk kita simak bersama!

  1. Pilih Tanaman yang Cocok

Pemilihan tanaman menjadi bagian yang cukup vital. Ketika kamu membeli tanaman, sebaiknya kamu menyesuaikan dengan tiga cara di atas. Jangan membeli tanaman terlalu banyak jika area yang kamu miliki sempit, dan juga jangan memilih tanaman yang terlalu besar.

Taman rumah dapat ditanami tanaman yang sehat dan bermanfaat untuk kamu yang suka berkebun. Kamu juga dapat mengombinasikan bunga, tanaman-tanaman hias, dan sayuran untuk mengisi taman rumah kesayanganmu nantinya. Jika kamu lebih menyukai bunga, berilah paling banyak dua atau tiga jenis bunga saja sehingga selain tidak terlalu monoton, juga tidak terlalu banyak variasi warna.

  1. Pertimbangkan Luas Area yang Kamu Miliki

Luas area merupakan hal pertama dan terpenting jika kamu ingin membuat taman rumah. Keuntungan jika memiliki area yang luas untuk taman rumah adalah kamu dapat menjadikan taman sebagai area taman bermain anak-anak atau menjadi tempat berkumpul keluarga. Tapi bagaimana kalau kamu mempunyai ruang yang sempit?

Jangan khawatir! Kamu dapat membuat taman rumah yang minimalis dengan cara meletakkan beberapa tanaman kecil di area kamu yang efisien, misalnya membuat taman dalam rumah yang ideal banget buat lahan sempit. Pilihlah tanaman kecil seperti sayuran atau tamanan hias kecil dan gunakan pipa susun atau rak kayu sebagai tempatnya.

  1. Perhatikan Tata Letak Taman Rumah

Tata letak taman rumah di sekitar rumah akan sangat bergantung pada luas area di rumah kamu. Perhatikan sisa lahan yang kamu miliki apakah berada di depan rumah, samping, belakang, ataupun bagian lain.

Leave a Reply