Ketua Gamki Sulut, Debby Suma dan Sekretaris Ansor Sulut, Ismail Maga.
Ketua Gamki Sulut, Debby Suma dan Sekretaris Ansor Sulut, Ismail Maga.

Gamki dan Ansor Sulut Imbau Jaga Kerukunan

MANADO, publikreport.com – Ketua Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (Gamki) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Debby Suma mengimbau masyarakat agar menjaga kerukunan yang sudah terjalin dan tercipta di Sulut. Hal senada diserukan Sekretaris Ansor Sulut, Ismail Maga.

“Kedamaian dan kerukunan yang sudah tercipta selama ini sudah kita jaga, sudah kita rawat bersama. Kita tidak ingin saling memprovokasi, apalagi di media sosial (medsos). Kita jangan banyak percaya dengan berita-berita di medsos yang kebanyakan sudah dibumbuhi, ditambah-tambahi. Usahakan kita mendapatkan berita dari tempat terpercaya,” kata Debby, Kamis, 18 Oktober 2018.

Apa yang terjadi kemarin (kedatangan Habib Smith), kata Sekretaris Ansor Sulut, Ismail Maga, menjadi kewaspadaan semua pihak dan tentunya menjadi keprihatinan semua.

“Manado ini ternyata diuji dengan kejadian kemarin,” ujarnya.

Ismail dan Debby sama-sama memberikan apresiasi kepada Polri (Kepolisian Negara Republik Indonesia) yang sigap membantu meredam masyarakat yang hampir terjadi pertikaian.

“Puji syukur dan Alhamdulillah tidak sampai terjadi kepada hal-hal yang tidak kita inginkan. Kita mengajak kepada seluruh masyarakat untuk lebih bijak menanggapi isu-isu yang berkembang terutama yang ada di media sosial,” ucapnya.

“Harapan kami kedepan komunikasi itu tetap jalan supaya kita sama sama bisa saling bergandengan tangan, bagaimana sama-sama merespon isu kejadian yang ada, berusaha itu meredam jangan sampai itu menumbulkan kekacauan, kita usahakan kita menjaga kerukunan,” kata Ketua Gamki Sulut, Debby Suma.

Sulut, Debby melanjutkan, adalah provinsi yang sangat toleran. Jadi sebenarnya yang terjadi adalah masalah komunikasi saja. Tidak ada isu agama di Sulut.

“Kalau ada komunikasi pasti tidak akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” harapnya.

Leave a Reply