Ilustrasi. Bedah rumah.
Ilustrasi. Bedah rumah.

Program BSPS Dialihkan ke Desa Lain?

AIRMADIDI, publikreport.com – Sebanyak tujuh desa di Kabupaten Minahasa Utara (Minut), Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) mendapat Bantuan Stimulan Swadaya Masyarakat (BSPS) dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR) sebanyak 225 bantuan. Sayangnya, dari jumlah tersebut, banyak desa yang dianggap tidak sanggup melaksanakan program ini,  sehingga bantuan dialihkan ke desa lain yang masuk dalam Surat Keputusan (SK) Direktur Jenderal (Dirjen) KemenPUPR.

“Jadi bantuan ini tidak akan dialihkan ke desa lain, apalagi sampai di desa luar Kabupaten Minut. Sebab hanya dialihkan ke tujuh desa yang sudah ditetapkan dalam SK Dirjen,” jelas Sekretaris Dinas Permukiman dan Perumahan Rakyat Kabupaten Minut, Maertje Panambunan kepada wartawan, Rabu, 24 Oktober 2018.

Tujuh desa yang menerima bantuan ini, Maertje mengungkapkan, masing-masing Desa Sampiri, Kolongan, Pinili, Matungkas, Laikit, Kokoleh dan Paslaten.

Tahun depan, Maertje melanjutkan, bantuan serupa akan kembali disalurkan namun tidak lagi pada tujuh desa yang sudah menerima pada tahun ini. Contoh di Desa Sampiri mendapatkan kuota 35, namun hanya 31 rumah yang dikerjakan. Sebab yang 4 rumah tidak mampu mengerjakan dan tidak memenuhi syarat berupa tak ada kelompok swadaya untuk mengerjakan rumah tersebut.

BACA JUGA: Warga Tuding Program Bedah Rumah Pilih Kasih

Leave a Reply