Bupati Kabupaten Minahasa Utara (Minut), Vonnie Aneke Panambunan saat melakukan kunjungan kerja ke Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri I Airmadidi, Kamis, 25 Oktober 2018.
Bupati Kabupaten Minahasa Utara (Minut), Vonnie Aneke Panambunan saat melakukan kunjungan kerja ke Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri I Airmadidi, Kamis, 25 Oktober 2018.

Bupati Akan Ganti Sejumlah Kepsek

AIRMADIDI, publikreport.com – Bupati Kabupaten Minahasa Utara (Minut), Vonni Aneke Panambunan mengancam akan mengganti sejumlah kepala sekolah (kepsek). Hal ini dikemukakannya setelah dirinya menerima informasi dari sejumlah guru honorer, apabila ada oknum kepsek yang melakukan pemotongan atas pembayaran honor mereka. Padahal honor ini dibayarkan melalui BOS (Bantuan Operasional Sekolah).

BACA JUGA: Pemda Dilarang Rekrut Guru Honorer

“Saya akan ganti kepsek yang berlaku curang begitu. Ini baru saya dengar dalam pertemuan ini. Kalau tidak ada pertemuan seperti ini, mana mungkin saya tahu. Itu adalah hak guru dan jangan diambil,” tegas Vonni saat melakukan kunjungan kera ke Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri I Airmadidi, Kamis, 25 Oktober 2018.

BACA JUGA: Adakah Sanksi Bagi Orang Tua yang Membiarkan Anaknya Putus Sekolah?

“Untuk itu esok (Jumat,26 Oktober 2018), saya akan panggil semua kepsek yang ada di Minut untuk melakukan penandatangan perjanjian dengan saya,”  tambahnya.

BACA JUGA: Tahun Depan Dana Operasional PAUD Jadi Rp 4 Triliun

Sejumlah guru honorer mengeluhkan oknum kepsek yang hanya membayar Rp100 ribu untuk gaji selama 3 bulan mengajar. Mengenai BOS yang membolehkan 15 persen anggaran untuk pembayaran honor guru honorer, ada oknum kepsek yang berkilah, itu bukan ketentuan dari anggaran. Ironisnya lagi, ada kepsek yang berujar jika guru honorer yang sudah menerima bantuan dana Rp1 juta sudah tidak akan menerima gaji dari dana BOS. | CHRISTIAN G

Leave a Reply