Ilustrasi. Data center.
Ilustrasi. Data center.

Kominfo Beri Klasifikasi Data Center yang Harus di Indonesia

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) memperjelas revisi Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 82 tahun 2012 tentang Penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik ke dalam tiga klasifikasi utama.

Direktur Jenderal Aplikasi dan Informatika (Aptika) Kemenkominfo Semuel Abrijani Pangerapan menjelaskan salah tau poin yang diubah adalah menyangkut pengadaan data center.

“Diubah pengaturan yang lama itu fisik semua data harus ada di Indonesia. Apa yang harus di Indonesia tidak jelas. Kami rincikan ke PP,” ujar Semuel di kantor Kominfo, Jakarta, Kamis, 25 Oktober 2018.

Dalam peraturan sebelumnya, definisi data center masih rancu dan belum jelas. Oleh karena itu, ia mengatakan dalam PP 82 nantinya akan membahas tiga klasifikasi data.

Semuel mengatakan, jika poin tersebut tidak diubah maka berpotensi ada banyak perusahaan yang tutup lantaran tidak memiliki data center di Indonesia. Google dan Facebook misalnya yang lebih memilih Singapura sebagai negara favorit bagi perusahaan asing untuk menempatkan data center mereka.

Leave a Reply