Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Syafruddin dalam Seminar Bakohumas yang mengambil tema Capaian 4 Tahun Reformasi Birokrasi, di Jakarta, Selasa, 27 November 2018.
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Syafruddin dalam Seminar Bakohumas yang mengambil tema Capaian 4 Tahun Reformasi Birokrasi, di Jakarta, Selasa, 27 November 2018.

Humas Pemerintah Harus Jembatani Kebutuhan Masyarakat

JAKARTA, publikreport.com – Humas pemerintah tidak hanya untuk membranding citra positif pemerintah semata. Lebih dari itu peran manajemen kehumasan adalah sebagai perpanjangan tangan pemerintah untuk menjembatani apa yang menjadi kebutuhan masyarakat.

Demikian dikatakan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPANRB), Syafruddin dalam Seminar Bakohumas yang mengambil tema Capaian 4 Tahun Reformasi Birokrasi, di Jakarta, Selasa, 27 November 2018.

“Humas pun harus menyebarluaskan apa yang telah dilakukan pemerintah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat,” ujarnya.

Pekerjaan Humas pemerintah, Syafruddin menegaskan, tidak semudah membalikan telapak tangan, mengingat tantangan dan dinamika kebangsaan yang kian kompleks di masa depan. Selain itu dalam menghadapi tantangan revolusi digital dan memasuki era demokratisasi, pemerintah harus tetap bertahan dan konsisten dipercaya publik.

Segala capaian kinerja pemerintah, menurut Syafruddin, harus mendapat legitimasi publik berupa kepercayaan dari masyarakat. Dengan demikian rakyat semakin yakin bahwa negara hadir untuk mereka, atau bahkan ikut berpartisipasi penuh dalam pemerintahan.

Selain itu. Syafruddin menjelaskan, peran Bakohumas bukan hanya sebagai corong informasi pemerintah, tetapi juga sebagai ujung tombak reformasi tata kelola informasi yang menyediakan landasan sistem bagi penguatan reformasi birokrasi, serta mensinergikan kinerja dan kerjasama yang baik antar instansi pusat hingga pelosok didaerah.

Direktur Jenderal (Dirjen) Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), Rosarita Niken Widiastuti menyampaikan capaian 4 tahun reformasi birokrasi perlu disampaikan kepada masyarakat luas, mengingat adanya perubahan komunikasi memasuki era industri 4.0. Oleh sebab itu Humas pemerintah dirasa perlu meningkatkan kinerja agar lebih kreatif serta inovatif dalam mengemas konten.

Melakukannya, Rosarita mengungkapkan, terdapat tiga strategi komunikasi yang dapat dilakukan, terutama dalam hal 4 tahun reformasi birokrasi. Capaian yang telah dilakukan Kementerian PANRB untuk dikerjasamakan dengan media mainstream. Kedua, melalui lomba konten di media sosial, dan yang terakhir capaian kinerja yang disosialisasikan melalui forum baik ditingkat pusat maupun daerah. | DORANG

Leave a Reply