AKBP Yudhi Hery Setiawan, Kassubditregident Ditlantas Polda Sulut.
AKBP Yudhi Hery Setiawan, Kassubditregident Ditlantas Polda Sulut.

Polda Akan Uji Coba Tilang Elektronik

MANADO, publikreport.com – Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Utara (Sulut) bekerjasama dengan Pemerintah Kota Manadod akan memberlakukan tilang (bukti pelanggaran) elektronik (e-tilang) pada 06 Desember 2018.

Tilang elektronik ini, menurut Kassubditregident Ditlantas Polda Sulut, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Yudhi Hery Setiawan akan diuji coba pada empat titik dengan menggunakan CCTV (Closed Camera Television), yakni traffic light di Teling, Rike, Paal II serta Ring Road. CCTV akan merekam kendaraan bermotor yang melakukan pelanggaran, kemudian data terekam di posko dan petugas memverifikasi data pelanggaran.

“Setelah terverifikasi dan terkonfirmasi, ada dua pilihan, yakni mengirim surat secara manual ke pelanggar atau lewat email, kemudian pelanggar tanda tangan surat konfirmasi ke polisi,” jelas Yudhi, Kamis, 29 November 2018.

Selanjutnya, Yudhi menjelaskan, pelanggar membayar denda tilang, melalui BRI (Bank Rakyat Indonesia). Jika belum membayar, surat-surat dari kendaraan tersebut akan diblokir polisi. Ketika pelanggar akan membayar pajak atau mengganti STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan), harus menyelesaikan denda tilang tersebut.

Setelah uji coba ini, Yudhi mengungkapkan, rencananya pada Januari 2019, e-tilang akan diberlakukan di semua CCTV Kota Manado.

“Januari kami akan memberlakukan program ini ke semua CCTV di Kota Manado. CCTV ini terintegrasi dengan C3 Pemerintah Kota Manado. Kominfo juga sementara mengembangkan aplikasi lainnya dalam menunjang program ini,” ungkapnya.

Leave a Reply